Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Thursday, July 14, 2011

Krenyes Segar Goi Cuon dari Saigon

Eka Septia Wulan - detikFood

Krenyes Segar Goi Cuon dari Saigon
Foto: wln/detikfood Vietnam - Lumpia segar khas Vietnam di tempat ini wajib dicicipi. Berbungkus kulit lumpia transparan (ban thrang) denga isian komplet. Mulai dari udang rebus segar, bihun, serta beragam sayuran. Disantap dengan cocolan saus hoisin, rasanya gurih-gurih manis. Hmm..yummy!

Lumpia adalah salah satu makanan yang populer di negara-negara Asia. Di Indonesia sendiri lumpia paling terkenal adalah lumpia khas Semarang yang berisi cincangan rebung. Nah, di Vietnam pun memiliki lumpia yang unik dan enak untuk dicicipi, yang dikenal dengan nama Goi Cuon.

Rumah makan Tram Dung Chan Mekong atau dikenal dengan Mekong Rest Stop saya sambangi setelah puas menyusuri Delta Sungai Mekong di kota Ho Chi Minh. Menurut penuturan pemandu, rumah makan ini salah satu yang terbaik di kawasan sungai Mekong. Area resto sangat luas, terdiri dari sebuah bangunan besar serta beberapa saung kecil yang ada di sekelilingnya.

Seorang pelayan berbaju tradisional Vietnam segera memberikan daftar menu. Wah.. lagi-lagi saya kesulitan membaca buku menu ini karena tidak adanya terjemahan bahasa Inggrisnya. Untunglah beberapa menu disisipi gambar yang sedikit membantu. Saya memilih lumpia segar yang khas Vietnam, Goi Cuon. Beberapa menu lainnya dibantu pilihkan oleh pelayan di sana.

Seporsi Goi Cuon terdiri dari 4 potong lumpia gendut-gendut. Di dalamnya terlihat tiga buah udang rebus segar yang warnanya oranye kemerahan. Selain udang, mi putih, daun selada, dan kemangi Vietnam jadi isian yang komplet dan sehat. Masyarakat Vietnam memang menyukai sayuran, jadi tak heran jika menu lumpia pun berisi beragam sayuran yang dibalut dengan kulit lumpia yang terbuat dari beras, alias banh trang.

Cara menyantapnya lebih menarik lagi. Dihadapan saya sudah disajikan tiga magkuk kecil yang masing-masing berisi gerusan garam dan lada, cincangan cabai rawit serta bawang putih, dan yang ketiga adalah saus hoisin yang diberi kacang tanah cincang kasar. Rasa saus ini manis-manis gurih, jika kurang pedas tinggal campurkan dengan cincangan cabai rawit. Hmm.. enak dan segar rasanya!

Fried cat fish terlihat garing dan renyah. Ikan gabus segar sekitar 25cm ini terlihat garing kecokelatan. Aromanya harum, uap panasnya masih kemepul pertanda kalau ikan ini benar-benar dimasak ketika dipesan. Saat dagingnya dikoyak dengan garpu, terlihat warna putih berserat halus berwarna putih. Meskipun ikan ini tidak diberi bumbu sebelum di goreng, namun karena ikannya masih segar justru rasanya manis-manis gurih.

Ikan ini disajikan bersama dengan serutan mangga muda. Mangga ini dicampurkan dengan saus hoisin serta dicampur dengan rajangan c abai rawit. Setelah dicocol, wah rasanya jadi semakin nikmat. Gurih, asam, pedas, dan manis yang menyatu membalut daging ikan. Mantap!

Rau Xao Thap Cam, adalah seporsi sayuran mirip capcay. Isinya komplet mulai dari irisan wortel, brokoli, jamur, jagung putren, dan sedikit potongan cumi. Rasanay enak segar, sayurannya dimasak sebentar sehingga teksturnya masih krenyes..krenyes. Uniknya, wortel yang dimasak dibentuk cantik sehingga menarik. Sayangnya, porsi nya sangat sedikit sekali. Meskipun tidak memesan nasi, perut saya cukup kenyang karena lumpianya berisi bihun yang cukup mengenyangkan.

Air kelapa muda membilas jejak minyak dari ikan goreng pesanan saya. Harga yang harus saya keluarkan untuk seporsi Fried Cat Fish ini adalah 159.000 dong atau sekitar Rp 67.659. Rau Xao Thap Cam 55.000 dong atau sekitar Rp 23.500, dan 79.000 dong untuk Goi Cuon atau sekitar Rp 33.617. Wah, harga yang cukup terjangkau bukan?

Sebelum melanjutkan perjalanan, saya masih sempat melihat-lihat beberapa oleh-oleh yang dipajang di bagian depan rumah makan ini. Mulai dari teh, kopi, pajangan, hingga alat-alat makan khas Vietnam. Tapi sayangnya, harganya yang dibandrol sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan yang dijual di pasar tradisional.

Tram Dung Chan Mekong
Km 1964 + 300 Quoc lo 1, Chau Thanh, Tien Giang
Telp: (073) 3 858 676-3 858 678

(eka/Odi)

Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.
Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : iklan@detikfood.com ,
telepon 021-7941177 (ext.547 dan 609)

View the original article here

No comments:

Post a Comment