Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Sunday, July 24, 2011

Dao Che Rau Muong, Pengeriting Kangkung

Odilia Winneke - detikFood

Dao Che Rau Muong, Pengeriting Kangkung
Foto: wanderingchopsticks.blogspot.com Jakarta -

Kangkung dikeriting? Ya, itulah sayuran unik yang selalu hadir untuk campuran salad atau sup dan makanan berkuah lainnya di Vietnam. Batang kangkung yang segarpun jadi cantik dan lebih renyah. Ternyata gampang lho mengeriting si kangkung ini. Yuk, intip caranya!

Kangkung yang di Vietnam dikenal dengan sebutan rau muong atau Morning Glory merupakan sayuran yang populer. Mengingat sebagain besar lahan di Vietnam merupakan persawahan dan perkebunan. Kangkung merupakan sayuran sehari-hari yang populer dan gampang didapat dengan harga murah.

Biasanya daun kanung dipetiki dan diolah dengan cara ditumis. Sedangkan batangnya diolah dengan cara lain. Jika mampir ke pasar tradisional atau makan di rumah makan asli Vietnam akan mudah ditemui batang kangkung yang keriting. Berbentuk sulur halus, keriting berwarna kehijauan.

Untuk mendapatkan kangkung keriting bisa membeli langsung di pasar sehingga tinggal diolah saja. Atau membuatnya sendiri. Ternyata tidak sulit mengeriting kangkung. Karena ada alat khusus yang bernama 'dao che rau muong' yang artinya pisau untuk membelah kangkung.

Alat ini berbentuk seperti kawat panjang sepanjang 25 cm. Di bagian atasnya terdapat tutup yang bersekat-sekat yang berfungsi sebagai pisau pembelah. Sebelum dikeriting, rendam batang kangkung dalam air selama 5 menit agar cukup kaku untuk diserut.

Masukkan jarum ke dalam batang kangkung, dengan bagian tombol di atas. Kemudian tarik tombol ini ke arah berlawanan sehingga batang kangkung menjadi terbalah sama rata. Rendam batang kangkung ini dalam air dingin selama 15 menit. Hasilnya, batang kangkung akan keriting seperti sulur-sulur labu.

Biasanya batang kangkung yang keriting ini dipakai untuk pelengkap sup atau salad. Karena rasanya segar dan renyah. Selain itu orang Vietnam sangat suka makan sayuran. Bentuk keriting ini tentu saja dibuat supaya tidak bosan melihat bentuk sayuran yang sama. Alat ini banyak dijual di pasar dan toko-toko kelontong di Vietnam dengan harga murah.

(Odi/Odi)

Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.
Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : iklan@detikfood.com ,
telepon 021-7941177 (ext.547 dan 609)

View the original article here

No comments:

Post a Comment