Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Friday, July 22, 2011

Kelamai, Dodol dari Melayu

Eka Septia Wulan - detikFood

Kelamai, Dodol dari Melayu
Foto: www.hasrulhassan.com Jakarta - Jajanan pasar masyarakat Melayu ini terbilang unik. Dijual dalam kemasan bambu mirip seperti lemang, warnanya cokelat layaknya dodol pun rasanya yang manis legit ini bisa jadi teman minum kopi di sore hari. Cobain yuk!

Jika Anda sedang bertandang ke Pulau Bangka Belitung, pastinya jajanan yang satu ini jadi pemandangan yang tak asing djumpai. Jajanan ini bernama Kelamai. Kelamai adalah salah satu jajanan khas masyarakat Melayu yang ada di Pulau Bangka Belitung. Sepintas, kelamai mirip sekali dengan lemang. Karena dimasak dengan menggunakan bambu yang dibakar.

Bahan yang digunakan untuk membuat kelamai adalah tepung pulut atau yang biasa dikenal dengan sebutan tepung ketan, gula merah, juga santan. Kalau ditilik dari bahan dasarnya, kelamai ini lebih mirip dengan dodol hanya saja dimasak di dalam bambu dan dibakar. Proses memasak kelamai ini sangatlah lama, seperti halnya memasak dodol dalam kuali, begitupula dengan kelamai yang dibakar.

Untuk bisa menyantap kelamai ini, bambu haruslah dibelah terlebih dahulu baru kelamai bisa dipotong. Tekstur kelamai jauh lebih keras dibandingkan dengan dodol. Hal ini disebabkan proses pematangannya yang dibakar di dalam bambu. Warna kelamai cokelat gelap biasanya tergantung dari gula yang digunakan. Kini, kelamai sedikit sulit dijumpai karena proses pembuatannya yang sedikit rumit.

Di hari raya seperti lebaran idul fitri atau idul adha, kelamai bisa dijumpai di beberapa daerah yang memang memegang tradisi membuat kelamai untuk menyambut datangnya hari raya. Kelamai tidak hanya bisa dijumpai di Bangka, tapi juga beberapa daerah di Malaysia. Nah, jika Anda bertandang ke Pulau Bangka Belitung atau negara Malaysia mungkin kelamai bisa jadi tujuan wisata kuliner yang menarik.

(eka/Odi)

Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.
Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : iklan@detikfood.com ,
telepon 021-7941177 (ext.547 dan 609)

View the original article here

No comments:

Post a Comment