Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Sunday, July 24, 2011

Gudeg Ikon Kota Jogya


img_consultant_1

Dikenal sebagai seorang pengelana kuliner yang tak pernah berhenti menjelajahi kekayaan kuliner di dalam dan luar negeri. Aktif sebagai pembawa acara kuliner dan penulis kolom kuliner. Kanal ini merupakan dedikasi dan kecintaannya terhadap Kuliner Pusaka Indonesia.

Bondan Winarno - detikFood

Gudeg Ikon Kota Jogya
Foto: Marchellinus Hanjaya Yogyakarta - Masakan yang merupakan ikon Jogja, gudeg dapat ditemukan di seluruh penjuru Jogja. Ada penjual yang khusus buka pagi, ada pula yang khusus buka malam. Pendeknya, setiap saat selalu ada penjual gudeg yang buka.

Gudeg dibuat dari nangka muda (tewel atau gori dalam bahasa Jawa). Pada dasarnya, ada dua jenis gudeg, yaitu: gudeg basah dan gudeg kering. Setelah dimasak dengan arang selama berjam-jam, nangka muda ditumis lagi dengan menambahkan gula jawa, sehingga membuatnya manis. Gudeg biasanya disiram dengan santan kental yang juga manis, untuk membuatnya gurih. Ada pula yang menambahkan blondo (ampas minyak kelapa) yang membuatnya tambah manis dan tambah gurih.

Gudeg basah tidak ditumis lagi. Ada pula gudeg setengah kering yang ditumis sebentar dengan menambahkan daun singkong. Gudeg biasanya didampingi opor ayam, sambal goreng krecek, tahu/tempe bacem, telur pindang, dan krupuk rambak (krupuk kulit).

Selain beberapa pilihan di bawah ini, beberapa gudeg lain yang perlu dicoba antara lain adalah: Gudeg Bu Tjitro (salah satu yang pertama dalam me-nasional-kan gudeg), kawasan gudeg Wijilan, kawasan gudeg Kranggan, kawasan gudeg Mangkubumen (dekat Tugu), dan lain-lain.

Gudeg Pawon > Jl. Janturan 36-38, 7002080: Gudegnya disajikan langsung di dapur. Itu pun baru buka tengah malam. Para tamu langsung masuk ke dapur untuk memilih makanan yang diingini. Mereka boleh tetap berada di dapur untuk menyantapnya, tetapi boleh juga membawanya untuk disantap di teras depan rumah.

Gudeg Bu Ahmad > Selokan Mataram UGM, 520049: Gagrak gudeg mbarek yang kering dan manis.

Gudeg Yu Djum > Karangasem Mbarek CT III/22, 515968: Menyediakan gudeg Jogja versi kering yang manis dengan berbagai lauk pauk dengan nuansa warna yang sama – yaitu gurih dan manis. Gudeg jenis ini cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh karena dapat bertahan relatif lebih lama dibanding versi gudeg basah.

Gudeg Ceker Beringharjo > Jl. Malioboro (depan Pasar Beringharjo), buka mulai pukul 23.00 hingga subuh: Mirip gudeg ceker Margoyudan (Solo) dalam skala lebih kecil.

Gudeg Permata Yu Narti > Jl. Gajah Mada (depan Bioskop Permata), 553853: Menjajakan gudeg gagrak setengah kering dengan lauk-pauk yang juga bernuansa basah, seperti ayam opor, dan lain-lain. Kebanyakan penjual gudeg versi basah menjajakan dagangannya di malam hari hingga pagi.

Gudeg Bu Yani > Jl. KHA Dahlan 143 (depan Foto Nusa Indah), 0813 28040576 (21.00 – sampai habis): Cocok bagi mereka yang kurang suka manis dan jenis gudeg setengah kering. Sambal pete-nya sungguh tidak boleh dilewatkan.

Gudeg Adem Ayem > Jl. Jenderal Sudirman 60, 521212: Ini adalah cabang dari RM Adem Ayem di Solo, yang dikenal dengan ayam goreng dan gudegnya. Gagrak gudeg yang tidak terlalu manis, dan potongannya besar-besar.

Gudeg Manggar “Halima” > Jl. Tunjung Baru 76, Baciro, 9355758: Ini adalah jenis gudeg yang sangat khas dan semakin langka. Dibuat dari manggar (bunga kelapa), dengan citarasa gurih yang menonjol, dan tekstur yang unik.

Gudeg Manggar Bantul > Jebugan RT 5 (sebelah makam keluarga Bupati), Bantul: Bukan rumah makan, tetapi kita bisa makan di sini, langsung mengambil dari dapur. Bantul adalah tempat asal gudeg manggar. Jadi, di tempat inilah dapat ditemukan gudeg manggar at its best!

Marchellinus Hanjaya

(dev/Odi)


Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : iklan@detikfood.com ,
telepon 021-7941177 (ext.547 dan 609)

View the original article here

No comments:

Post a Comment