Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Sunday, July 10, 2011

Sop Gurame yang Ganti Nama Tiga Kali

Bondan Winarno - detikFood

Sop Gurame yang Ganti Nama Tiga Kali
Foto: Bondan W Jakarta - Masakan yang satu ini memang punya banyak penggemar fanatik. Ini adalah masakan ikan gurame goreng yang kemudian dimasak dalam kuah gurih, dengan sawi asin, angcau (tape beras merah), tahu, dan lobak. Sekalipun encer, kuahnya berwarna agak keruh, diduga karena diberi sedikit susu. Tetapi, menurut jurumasaknya, warna keruh itu diakibatkan proses merebus kepala ikan goreng, tahu, dan lobak dengan api sangat panas. Hasilnya adalah kuah yang sangat gurih, sangat segar, dan sangat mulus. Asam-asin dari sayur sawi asin, menyalut kegurihan ikan goreng, dan masih lagi diwarnai dengan pesona tape beras merah yang menciptakan aroma dan citarasa umami yang sangat khas. Sungguh mak nyuss!

Sekalipun masakan ini cukup populer di kalangan kaum Hakka, tetapi sop gurame ini (Rp50/60/90 ribu) pertama kali merebut hati begitu banyak penggemarnya sejak dijajakan oleh Restoran Cahaya Baru di Jalan Tiang Bendera, kawasan Kota Lama Jakarta. Setelah restoran itu terbakar, sebagian personelnya pindah dan membuka restoran di Jl. Hayam Wuruk (kawasan Olimo), dan berganti nama menjadi Cahaya Lestari. Selama bertahun-tahun Cahaya Lestari memanjakan lidah pelanggannya di lokasi itu. Tetapi, sejak tahun lalu, mereka "pecah kongsi" lagi. Sang koki, A Koy, membawa nama Cahaya Lestari dan membuka restoran baru di Jalan Mangga Besar (kawasan Lokasari). Restoran yang berlokasi di Jalan Hayam Wuruk tetap beroperasi, tetapi mengganti namanya menjadi Sinar Lestari.

Para pelanggan pun terbelah. Sebagian tetap setia dengan masakan A Koy dan "mengungsi" ke Mangga besar, sebagian lagi tetap menuju Jalan Hayam Wuruk.

Menu dan harga di kedua restoran ini pun sangat mirip. Begitu pula citarasanya. Bedanya, yang satu dimasak oleh Sang Guru, sedangkan yang lain hasil masakan Sang Murid. Untungnya, Sang Murid cukup pintar, sehingga mampu menghasilkan masakan yang kualitasnya "beti" alias beda tipis.

Selain sop gurame yang legendaris, sajian andalan Sinar Lestari dan Cahaya Lestari adalah Yam Ha (Rp 75/130 ribu). Terjemahannya adalah udang rebus. Tetapi, banyak pelanggan yang menyebutnya udang kaca, karena udang rebus ini tampil mengkilat dan hampir transparan seperti kaca. Aroma minyak wijen dan kegurihan citarasanya sungguh menempatkan sajian ini ke jajaran mak nyuss. Tidak ada orang yang tidak menyukai hidangan istimewa ini. Ini adalah hasil proses memasak yang sangat presisi. Menurut William Wongso, udangnya dicelup sebentar ke dalam air yang tidak terlalu mendidih, lalu ditumis sebentar dengan bumbu-bumbunya - tetap dengan api yang kecil. Suhu tinggi akan mengubah sifat translucent (tembus pandang) daging udang menjadi opaque. Tekstur daging udangnya nyakrek (succulent).

Ada lagi sajian yang tidak boleh dilewatkan, yaitu Yam Pak Yap (Rp55/65/75 ribu). Sekalipun memakai nama Tionghoa, sajian ini halal karena dibuat dari babat sapi. Ini juga jenis masakan berbumbu minimalis yang menghasilkan babat yang garing dan renyah. Sungguh mengagumkan bila kita dihidangi sajian sederhana yang istimewa tekstur maupun citarasanya.

Kalau sempat singgah ke sini, coba juga pa cam ke-nya (ayam rebus, Rp 60/120 ribu) yang istimewa. (Bondan Winarno)

Sinar Lestari
Jl. Hayam Wuruk 124A, Olimo
Jakarta Barat
021 6397528

Cahaya Lestari
Jl. Mangga Besar Raya 87
Jakarta Barat
021 6264320

(eka/Odi)

Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.
Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : iklan@detikfood.com ,
telepon 021-7941177 (ext.547 dan 609)

View the original article here

No comments:

Post a Comment