Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Thursday, October 13, 2011

Gurih Pedas Lenggang dan Tekwan Sisingamangaraja

Haqqy Rerian - detikFood

Gurih Pedas Lenggang dan Tekwan Sisingamangaraja
Foto: kotapalembang.blogspot.com Pekanbaru - Nama Pengirim: Haqqy Rerian
Email: h_qmutz@xxx.com

Bagi warga Pekanbaru yang ingin mencoba pempek asli Palembang, tempat makan yang satu ini wajib dikunjungi. Letaknya yang berada di jantung kota membuatnya mudah dijangkau. Selain pempek, ada lenggang dengan rasa yang khas dan siraman cuko atau tekwan yang kuahnya gurih enak.

Mencari jajanan sore di Pekanbaru cukup bervarisi namun juga terkadang bingung untuk memilih satu pilihan diantaranya. Akhirnya saya tertarik juga untuk mencoba pempek yang berlokasi di Jalan Sisingamangaraja yaitu deretan Hotel Resty Menara. Awalnya tempat jajanan khas Palembang ini adalah rekomendasi dari salah seorang sahabat saya.

Suasana disini cukup nyaman dan strategis karena berada di jantung kota Pekanbaru, yakni di Jalan Sisingamangaraja. Jadi kalau sedang jogging atau lari-lari kecil di Mesjid Agung Annur, bisa mampir karena lokasinya tidak jauh dari Mesjid tersebut. Cukup banyak orang yang singgah di tempat jajanan ini karena yang menjual memang orang Palembang asli. Gak heran kalau banyak yang penasaran untuk datang mencicipinya.

Seperti biasa sore itu, banyak orang-orang kantoran ataupun mahasiswa yang berkunjung datang ke tempat ini. Saat itu saya mencoba untuk memesan tekwan yang merupakan salah satu makanan khas Palembang. Kuah kaldunya bening gurih dengan isian bakso ikan, jamur dan tahu serta soun. Hmm... kuahnya yang hangat juga bisa bikin anget perut.

Kemudian ada lenggang yang sekilas lenggang mirip dengan martabak kubang karena berbentuk segi empat dan berkuah. Lenggang ini terbuat dari telur yang dikocok dengan irisan pempek hingga mirip dadar. Rasanya cukup unik buat saya karena diberi kuah cuko yang gurih pedas hingga mengugah selera. Di atasnya juga diberi irisan timun dan juga taburan ebi.

Selain tekwan dan lenggang yang bisa dicoba, sebenarnya masih banyak makanan khas Palembang lainnya seperti lenjer, pempek kulit, kapal selam, pempek isi telur, juga mie celor dan lain sebagainya. Sekedar informasi ternyata ada perbedaan antara pempek isi telur dan kapal selam. Meski keduanya memang berisikan telur, namun kapal selam berukuran jumbo sedangkan isian telur berukuran kecil. Selain pempek juga ada loh beragam kemplang atau kerupuk khas Palembang yang terbuat dari ikan belida ataupun ikan tenggiri.

Selain makanan, belum lengkap rasanya kalau tidak berbicara soal minuman. Nah, di sini kalau makan pempek ada minuman yang khas yakni es campur. Sayang, karena porsi pempek yang cukup besar maka saya tidak jadi memesan es campur. Selain es ada juga minuman lainnya seperti aneka jus dan lain sebagainya.

Untuk harga pempek ini cukup murah yaitu sekitar Rp 12.000/porsi. Mungkin setara dengan harga di tempat lain namun kalau warga Pekanbaru ingin mencoba sensasi makanan dari Palembang asli silahkan saja datang ke tempat ini. Kalau bisa sih datangnya sebelum jam 5, soalnya kalau sudah jam 5 ke atas biasanya tidak dapat tempat duduk dan cuma bisa dibungkus saja.

Pempek Palembang
Jalan Sisingamangaraja
(deretan hotel Resty Menara)
Pekanbaru

(dev/Odi)

Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.
Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : iklan@detikfood.com ,
telepon 021-7941177 (ext.547 dan 609)

View the original article here

No comments:

Post a Comment