Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Friday, October 21, 2011

Empuk-Empuk Gurih Pancit Molo dan Bistek dari Manila

Devita Sari - detikFood

Empuk-Empuk Gurih Pancit Molo dan Bistek dari Manila
Foto: dev/detikFood Jakarta - Kalau ingin mencicipi kuliner khas Filipina, mampirlah ke resto mungil ini. Ada Pancit Molo , sup dumpling yang lembut gurih berkuah bening. Apalagi Bistek Tagalog yang empuk diiris tipis dengan sensasi krenyes bawang bombay. Mabuting gana!

Restoran yang menyuguhkan hidangan Filipina di Jakarta masih tergolong langka. Namun jika penasaran ingin mencicipinya, silahkan mampir ke Manila Connection yang ada di Fx Lifestyle X'nter. Manila Connextion yang mungil ini menyatu dengan sebuah Muffin House.

Tempatnya mungil, hanya terdiri dari dua sofa melingkar dan sebuah meja dan kursi biasa yang bisa ditempati untuk berdua. Namun saat membolak-balik buku menu saya cukup terkejut, karena menunya sangat komplet khas Filipina. Mulai dari appetizer, main course, sampai dessert berupa kue-kue dan camilan seperti pan de sal, cheesy ensaymada, polvoran, dan empanada.

Adobo salah satu hidangan populer Philipina yang terbuat dari daging sapi atau daging babi, dimasak seperti semur dengan sensasi sedikit pedas dari lada hitam. Di tempat ini ditawarkan versi halal yaitu memakai daging ayam dan sapi saja. Selain itu ada Bistek Tagalog alias bistik, Longsilog atau sosis khas Philipina, dan Daeng Na Bagus alias ikan bandeng goreng.

Meskipun semua menu memakai bahasa Philipina tetapi diberi keterangan berbahasa Inggris sehingga mudah dimengerti. Rasa penasaran membuat saya memesan beberapa menu sekaligus. Untuk appetizer saya memilih Pancit Molo dan Bistek Tagalok dan Daeng Na Bagus untuk menu utamanya.

Kuliner Filipina dipengaruhi oleh kuliner beberapa negara lain seperti Amerika, Cina, Spanyol, dan Mexico. Seperti Pancit Molo ini dipengaruhi oleh gagrak Cina. Sup ini berupa 4 buah dumpling berkulit tipis dengan isian berupa cincangan ayam, udang, jamur, dan wortel.

Kuahnya bening dengan taburan bawang putih yang sangat royal sehingga aromanya sangat harum. Saat dikunyah, kulit dumplingnya lembut dengan isian yang rasanya gurih renyah dan enak. Slruupp... kuahnya yang bening hangat benar-benar pas untuk menyapu tenggorokan.

Daeng Na Bagus adalah ikan bandeng yang disajikan dengan nasi putih. Rupanya orang Philipina sangat senang memakai bawang putih sebagai salah satu bumbu. Ikan bandeng utuh tanpa duri dan tulang ini dibelah membujur. Warnanya kecokelatan dengan aroma gurih yang enak. Rupanya ikan ini direndam bumbu sehingga rasa gurihnya sampai ke bagian dalam. Sementara bagian luarnya renyah-renyah gurih. Cukup disupa dengan nasi putih hangat yang ditaburi bawang putih, rasanya gurih mantap!

O ya, jika suka bisa juga ditambahkan acar sayuran Filipina yang tersedia. Acar unik ini terdiri dari irisan cabai, jahe, bawang putih, dan lada hitam yang diberi cuka. Untuk menikmatinya biasanya tinggal ditambahkan sedikit pada makanan sebagai pengganti sambal karena ada sensasi asam pedasnya.

Si Bistek Tagalog juga disajikan bersama nasi putih. Bistek ini mengingatkan saya dengan Bistik Solo, bedanya irisan dagingnya lebih tipis. Warnanya kecokelatan karena telah direndam shoyu dan calamansi (jeruk nipis Filipina). Permukaan dagingnya sedikit lembap berbumbu dengan tekstur yang empuk berseling dengan irisan bawang bombay. Saat dikunyah sesekali terasa sensasi krenyes gurih. Bistek ini juga dilengkapi dengan irisan tipis kentang goreng.

Meski perut sudah kekenyangan saya nekat memesan cheesy ensaymada. Dessert berupa roti manis yang diisi koji cheese dan diberi topping keju cheddar ini rasanya memang gurih enak. Pantas saja roti ini sangat digemari di Filipina. Penasaran ingin mencobanya? Mabuting gana! (selamat makan)

Manila Connexion
Fx Lifestyle X'nter Level LG
Jl. Jendral Sudirman
Jakarta
Telp: 021-2554268

(dev/Odi)

Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : iklan@detikfood.com ,
telepon 021-7941177 (ext.547 dan 609)

View the original article here

No comments:

Post a Comment