Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Wednesday, October 5, 2011

Bawal Cabe Garam yang Meruntuhkan Iman

Bondan Winarno - detikFood

Bawal Cabe Garam yang Meruntuhkan Iman
Foto: Bondan Winarno Jakarta - Agak aneh juga bila di dataran tinggi kita menemukan restoran yang spesialisasinya adalah seafood. Demikianlah halnya dengan Onion Restaurant ini. Hidangan utamanya adalah hasil laut, seperti: ikan (bawal, kuwe, kakap merah, baronang, kerapu), udang, cumi-cumi, dan kepiting. Didatangkan dalam keadaan segar dari pelabuhan ikan di Semarang yang hanya berjarak 22 kilometer dari Ungaran.

Semua hasil laut ini dapat disajikan dalam berbagai cara masak, antara lain: cabe garam, saus bangkok, goreng tepung, pasir mas (digoreng dengan telur asin), dan saus timah (bumbu wijen, dipanggang dalam bungkus kertas timah).

Menurut saya, bumbu atau cara masak yang paling istimewa di restoran ini adalah cabe garam. Bumbu-bumbunya sangat sederhana, yaitu: cabe rawit, garam, lada putih, dan ngohiong (five spices). Seekor bawal ukuran besar dimasak cabe garam dapat diperoleh dengan harga sekitar Rp 50 ribu. Yang juga sangat cocok dimasak cabe garam adalah cumi-cumi.

Bagi saya, Onion identik dengan masakan cabe garam. Pertama, karena jenis masakan ini memang tidak mudah dijumpai di tempat lain. Kedua, kualitas masakannya memang istimewa. Bumbu-bumbunya yang sangat basic itu membuat citarasa alamiah dari daging ikannya tampil dengan cantiknya.

Selain berbagai ikan laut segar, juga tersedia ikan gurame hidup di dalam akuarium. Cocok digoreng dengan telur asin atau saus bangkok, maupun digoreng tepung dengan saus asam manis.

Masakan kepiting yang populer di Onion disajikan dengan saus bangkok bernuansa asam pedas, sekalipun banyak juga yang menyukai kepiting pasir mas (dimasak dengan telur asin). Hidangan andalan Onion yang lain adalah sop bibir ikan (Rp 25 ribu) dan pie-oh (Rp 30 ribu) – labi-labi atau kura-kura masak tauco. Sekalipun relatif baru, kualitas sajian Onion telah membuatnya sekarang menjadi salah satu restoran andalan di kota kecil Ungaran yang sejuk berhawa pegunungan. Letaknya di jalan raya lintas utama Semarang-Solo, sehingga mudah menemukannya.

Dalam dua kunjungan saya ke restoran ini, kualitas masakannya konsisten dan bermutu tinggi. Harganya pun sangat pantas. Layak dikunjungi bila Anda sedang berada di lintasan sibuk ini.

Onion Restaurant
Jl. Diponegoro 286
Ungaran, Jawa Tengah
024 6925619

(dev/Odi)

Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.
Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : iklan@detikfood.com ,
telepon 021-7941177 (ext.547 dan 609)

View the original article here

No comments:

Post a Comment