Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Sunday, October 16, 2011

5 Cara Memasak Rendah Kolesterol

Odilia Winneke - detikFood

 5 Cara Memasak Rendah Kolesterol
Foto: washington.uwex.edu Jakarta - Sedang berdiet mengurangi asupan lemak? Bukan berarti tidak bisa makan enak. Banyak bahan makanan sehat bisa diolah dengan cara cermat. Coba saja beberapa cara memasak yang bersahabat dengan kolesterol berikut ini.

Saat menjalani diet yang paling ditakuti adalah berkurangnya kenikmatan makan enak. Terutama saat berdiet untuk mengurangi asupan lemak. Hal ini biasa dilakukan oleh mereka yang memiliki kadar kolesterol darah cukup tinggi.

Agar bisa mengontrol jumlah asupan lemak, haruslah dimulai dari sejak pengolahan atau memasaknya. Yang perlu diperhatikan adalah pengurangan pemakaian lemak jenuh yang memicu naiknya kolesterol darah (LDL). Beberapa langkah sehat saat memasak berikut ini bisa Anda coba.

1.Pakai Lebih Sedikit Lemak
Jika di dalam resep disebutkan harus memakai 50 g mentega atau minyak sayur, gunakanlah setengah takaran saja. Untuk menambah rasa enak, setengah takaran bisa diganti dengan saus apel yang lebih sehat. Selain itu gunakan lebih banyak bumbu. Seperti bawang putih, bawang ,erah, aneka rempah kering dan segar bisa membuat makanan jadi enak dan gurih tanpa tambahan lemak jenuh. Cobalah tumisan ayam dengan kemangi atau taburi brokoli dengan almond panggang yang lebih sehat.

2.Daging Tanpa Lemak
Lemak dalam daging sapi merupakan golongan lemak jenuh yang harus dibatasi. Karena itu jika harus memakai daging sapi, pilihlah bagian tenderloin atau daging has tanpa lemak yang cepat empuk dan enak. Beberapa pilihan pengganti daging berikut ini juga tak kalah enak:

daging ikan atau kerang-kerangandaging ayam tanpa lemak dan kulitdaging kambing tanpa lemakdaging kelinciBatasi konsumsi daging tidak lebih dari 180 gram sehari.

3.Memasak Rendah Lemak
Banyak cara memasak sehat yang bisa dilakukan, antara lain:

panggang, bakar, kukus, tumis dengan sedikit minyakgunakan panci berlapisan bahan anti lengketgunakan seidkit minyak sayur sebagai pengganti mentega atau masak masakan dengan kaldu atau jus buah dan sayuranbuang lemak berlebih yang terlihat pada potongan daging sapi atau ayamtiriskan daging atau ayam setelah dimasak agar lemak yang meleleh benar-benar tirisbuang kulit dan lemak pada daging ayam sebelum diolahkentalkan saus dengan larutan tepung maizena sebagai pengganti susu atau krim
4.Perbanyak porsi sayuran
Beberapa kali seminggu, gantilah protein hewani dengan protein nabati seperti tofu, kacang-kacangan, lentil, atau polong-polongan. Lakukan bertahap agar selera makan bisa beradaptasi dengan rasa protein nabati. Kemudian mulailah ganti daging sapi dengan ikan. Tambahkan porsi sayuran lebih banyak setiap kali makan.

5. Hindari makanan kemasan
Makanan yang dimasak sendiri rasanya jauh lebih enak. Karena itu hindari mengkonsumsi makanan kemasan atau yang diawetkan atau makanan instant. Cobalah membuat masakan yang mudah dan praktis. Banyak buku masak memberi panduan untuk masakan yang praktis dan sehat. Memasak lebih singkat, rasanya lebih enak dan biayanya juga lebih sedikit.

(Odi/Odi)


Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : iklan@detikfood.com ,
telepon 021-7941177 (ext.547 dan 609)

View the original article here

No comments:

Post a Comment