Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Saturday, March 5, 2011

Telur Ayam Asin, Unik dan Enak!

Devita Sari - detikFood

Telur Ayam Asin, Unik dan Enak!
Foto: dev/detikFood Jakarta - Jika biasanya telur asin terbuat dari telur itik atau bebek, yang satu ini sedikit unik karena terbuat dari telur ayam. Tampilannya kulit luarnya berwarna kecoklatan dengan permukaan berlumur garam. Apa keunikan dari telur asin yang satu ini?

Siapa yang tak kenal telur asin? Telur asin memang nikmat dipadukan dengan berbagai lauk-pauk dan sambal saat makan. Umumnya telur asin berwarna kehijauan dan terbuat dari telur itik atau bebek. Proses pembuatan telur asin terbuat dari telur bebek mentah yang kemudian dimasukkan ke dalam wadah yang berisi batu bata dan abu gosok. Kemudian diberi air dan garam secukupnya. Konon makin banyak garam yang ditambahkan maka makin awet pula telur tersebut.

Setelah telur diaduk beberapa lama lalu setiap telur akan dibungkus dengan adonan tersebut. Di pasar-pasar tradisional tak jarang kita menemukan telur asin yang dijual masih berlumur dengan adonan batu bata dan abu. Lain halnya dengan telur asin yang dijual di supermarket karena sudah dibersihkan tentunya.

Nah, meski tak sepopuler telur asin bebek kini banyak beredar pula telur ayam asin. Kalau telur ayam asin ini sedikit berbeda karena proses pembuatannya hanya dengan direndam dengan adonan garam berbentuk padat atau kering. Meski ada pula selain garam ditambahkan ekstrak teh. Saat dijual terkadang permukaannya masih berselimut butiran garam halus.

Saat dibelah dua, bagian dalamnya tidak kuning oranye dan berminyak seperti pada telur asin bebek, melainkan kuning biasa seperti telur rebus dan tak berminyak. Warnanya sedikit kecoklatan mirip telur pindang, saat dimakan rasanya asin-asin gurih dan enak karena asinnya pas. Bagi yang tidak suka rasa telur bebek asin yang rasanya asinnya terlalu asin sekali, nah telur ayam asin ini bisa jadi alternatif pilihan.

Telur ayam asin sudah banyak dijumpai di berbagai rumah makan khususnya di Bali. Telur ayam asin ini dihargai Rp 1500,00 - Rp 2000,00 per buah. Nah, berminat mencobanya?

(dev/Odi)

Tutup

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message

Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : iklan@detikfood.com ,
telepon 021-7941177 (ext.547 dan 609)

View the original article here

No comments:

Post a Comment