Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Monday, March 28, 2011

Masakan Pesmol Betawi


img_consultant_1

Dikenal sebagai seorang pengelana kuliner yang tak pernah berhenti menjelajahi kekayaan kuliner di dalam dan luar negeri. Aktif sebagai pembawa acara kuliner dan penulis kolom kuliner. Kanal ini merupakan dedikasi dan kecintaannya terhadap pusaka kuliner Indonesia.

Bondan Winarno - detikFood

Masakan Pesmol Betawi
Foto: Bondan Winarno Jakarta - Di masa lalu, bandeng adalah ikan yang paling bergengsi bagi masyarakat Betawi. Bandeng selalu menjadi center-piece untuk kiriman Lebaran, antaran untuk calon besan, dan juga sajian di perhelatan. Berbeda dengan ikan gabus yang murah dan dianggap sebagai makanan sehari-hari.

Tidak heran bila sangat banyak resep khas Betawi yang memakai bandeng sebagai bahan utama. Salah satunya adalah bandeng pesmol. Nama yang unik ini belum ditemukan asal-usulnya. Siapa tahu, mungkin dulu ada Nyonya Belanda yang menyebutnya sebagai visschotel (fish dish) yang karena diucapkan dari mulut ke mulut dengan berbagai logat kemudian menjadi pesmol.

Bila diperhatikan sekilas, masakan bandeng pesmol Betawi ini sangat mirip dengan masakan yang di Jawa - khususnya Jawa Timur - dikenal sebagai ikan masak acar kuning. Bedanya, bila di Jawa masakan itu bernuansa asam karena memakai sedikit cuka, dan dihias dengan berbagai sayuran seperti timun dan wortel - untuk memperkaya nutrisi dan mempercantik penyajian - pesmol Betawi hanya memakai tomat iris di dalamnya.

Sekadar catatan, ikan masak acar kuning di Jawa itu di Tatar Sunda disebut sebagai pesmol juga, sekalipun berbeda dengan pesmol khas Betawi.

Pesmol Betawi mencuatkan nuansa gurih dari kemiri yang cukup banyak dipergunakan dalam bumbunya. Harum kencur dan ketumbar juga merupakan penanda khas lainnya dari masakan Betawi ini. Hanya dengan satu lauk saja, kegurigan pesmol bandeng dijamin membuat nasi sebakul pun bakal tandas.

Selain bandeng, ikan lain yang jamak digunakan untuk dimasak pesmol adalah ikan gurame dan mujair. Bahkan, untuk hidangan sehari-hari yang lebih murah, ikan gabus dan ikan kembung pun dapat digunakan

Untungnya, sekalipun masakan Betawi kini sudah semakin terpinggirkan, bandeng pesmol masih cukup sering dan populer disajikan dalam berbagai jamuan makan maupun perhelatan. Bandeng pesmol bahkan lebih populer bila dibanding dengan pecak gurame atau gabus pucung - masakan-masakan khas Betawi lainnya.

(dev/Odi)

Tutup

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message

Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : iklan@detikfood.com ,
telepon 021-7941177 (ext.547 dan 609)

View the original article here

No comments:

Post a Comment