Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Thursday, March 10, 2011

Kinyil-Kinyil Empuk Soto Tangkar Pipi Sapi

Eka Septia Wulan - detikFood

Kinyil-Kinyil Empuk Soto Tangkar Pipi Sapi
Foto: wln/detikfood Jakarta - Sega Jamblang yang pulen dan gurih plus soto tangkar Betawi yang hangat, bisa jadi menu makan siang kali ini. Kinyil-kinyil empuk pipi sapi dalam soto tangkar bisa bikin ketagihan. Sluurrp.. hangat gurih dan mengenyangkan!

Sekitar dua pekan lalu, dari akun twitter saya mendapatkan informasi kalau KTO alias Kopitam Oey yang ada di Sabang membuka cabangnya di Jl. Salihara, Pasar Minggu. "Wah, dekat dengan rumah nih," dalam hati saya berkata. Tapi sayangnya saya justru baru sempat menyambanginya siang kemarin.

KTO Salihara menggantikan kantin Salihara yang berada di area muka. Pepohonan yang rimbun membuat suasana teduh dan nyaman. Gambar-gambar gadis Cina masih menjadi tema dekorasi yang menghiasi dibeberapa sisi dindingnya. Meja dan kursi kayu tertata rapi. Tentu saja luas KTO Salihara sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan KTO yang ada di Sabang.

Alunan musik keroncong seperti Juwita Malam, Di Bawah Sinar Bulan Purnama, hingga Sepasang Mata Bola mengalun syahdu menyambut kedatangan saya. Tidak banyak pengunjung siang kemarin, hanya beberapa orang yang tengah menikmati kopi hangat sambil asyik berbincang-bincang.

Karena sudah masuk jam makan siang, saya memilih menu makan siang yang tertera. Sega Djamblang Cirebon, Soto Tangkar Betawi, dan Nasi Brijani van Madras jadi pilihan. Sega Djamblang Cirebon ini terdiri dari ikan tongkol balado, telur bumbu balado, sayur daun singkong dan juga sambal.

Melihat bumbu yang menggunakan begitu banyak cabai, saya sempat 'ngeri' juga. Takut kalau-kalau rasanya pedas menggigit. Tapi setelah dicoba, ternyata rasa pedasnya tidak dominan. Telur mata sapi yang dibumbu pedas manis ini cocok sekali dengan nasi putih yang pulen dan hangat. Sayur daun singkongnya ditumis terlebih dahulu sebelum diberikan sedikit santan. Teksturnya krenyes ..krenyes..renyah!

Saya yang biasanya kurang begitu suka dengan ikan tongkol, kemarin cukup bisa menikmatinya. BUmbu yang meresap hingga ke bagian dalam dan juga dagingnya yang empuk bisa terasa gurih seda[p di lidah. Sambal yang dipakai cukup unik, berupa sambal tempe yang dimemarkan plus irisan halus cabai merah.

Nasi Brijani van Madras pesanan teman saya porsinya tidak terlalu besar. Warna nasinya kuning pekat, kismis, kacang mede, dan bawang goreng jadi taburannya. Sepotong ayam berbumbu kari jadi lauknya. Bulir-bulir nasi brijani terpisah seperti nasi pera, tapi saat dimakan nasinya cukup pulen. Aroma rempahnya tidak terlalu nonjok, masih bisa dinikmati untuk mereka yang tidak menyukai aroma rempah. Hanya satu yang saya sayangkan, daging ayamnya ternyata tidak hangat seperti yang saya bayangkan meskipun rasanya cukup enak.

Tapi seketika kecewa terobati dengan semangkuk soto tangkar hangat khas betawi. Kuah soto yangberwarna oranye kemerahan terlihat garang, namun tidak demikian saat dicicipi. Rasa kuahnya gurih namun tidak bikin eneg meskipun menggunakan santan.

Isiannya komplet, mulai dari kentang yang dipotong dadu, tomat dan daun bawang. Yang menarik justru bukan tangkar aliasa iga sapi yang jadi isian utamnya tetapi justru dan potongan pipi sapi yang rasanya kinyil-kinyil empuk. Mirip dengan kenyil enak cingur sapi dalam racikan rujak cingur. Perasan jeruk limau dan sedikit taburan garam dan sambal membuat rasanya makin pas dan mantap!

Ah, ini menu makan siang yang pas mantap buat saya. Hmm.. tak ada salahnya menghabiskan waktu di Kopitiam Oey Salihara ini sambil menunggu pertunjukkan dimulai. Mumpung sedang banyak pagelaran nih!

Kopitiam Oey
Jl. Salihara No.16 Pasar Minggu
Telp: 021-91314331

(eka/Odi)

Tutup

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message



Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : iklan@detikfood.com ,
telepon 021-7941177 (ext.547 dan 609)

View the original article here

No comments:

Post a Comment