Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Wednesday, August 31, 2011

Lapis Jongkong yang Bikin Kangen

Odilia Winneke - detikFood

Lapis Jongkong yang Bikin Kangen
Foto: kulinerkhasgresik.blogspot.com Jakarta - Buat orang Jawa Timur, jajan pasar ini bisa bikin kangen. Seperti kue lapis tetapi aroma rasanya sungguh berbeda. Perpaduan unik aroma daun pandan suji dan abu merang. Warnanya hijau berlapis hitam dan saat dicocol kelapa parut, uenakke poll!

Kalau di Surabaya dan beberapa kota kecil di jawa Timur jajan pasar yang bernama Lapis Jongkong ini gampang sekali didapat. Di Jakarta hanya ada beberapa pembuat kue tradisional yang mampu membuat kue lapis ini.

Bahan utamanya tak beda dengan kebanyakan kue lapis yaitu tepung beras, tepung kanji, dan santan. Yang membedakan adalah dua jenis adonan yang berlapis. Satu adonan berwarna hijau karena dicampur dengan air daun pandan dan suji. Adonan yang lain berwarna hitam karena dibuat dari air abu merang.

Pembuatan air abu merang ini yang agak sulit dilakukan di kota besar. Mengingat tak mudah mendapatkan merang atau jerami kering. Merang ini dibakar hingga kehitaman dan menjadi bubuk halus kemudian disaring. Barulah merang bubuk dicampur dengan sedikit air untuk kemudian dicampur dengan adonan tepung beras.

Selanjutkan adonan dicetak berlapis seperti kue lapis biasa dan dimatangkan dengan cara dikukus. Membuatnya harus lapis per lapis karena itu memerlukan waktu sedikit lama. Setelah dingin, kue ini dipotong-potong dan disajikan dengan taburan kelapa parut.

Tak seperti kue lapis biasa yang dominan manis. Kue lapis jongkong rasanya sedikit gurih. Ada aroma unik daun pandan dan merang bakar yang sedap. Di Jakarta kue ini dijual dengan harga Rp. 2.500,00 per potong. Sedikit lebih mahal karena agak sulit membuatnya.

Kalau kebetulan mudik ke Jawa Timur, jangan lupa mencicipi kue yang satu ini. Nikmati keunikan rasa dan aromanya. Kue ini banyak dijual di pasar tradisional dan toko kue.

(Odi/Odi)

Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.
Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : iklan@detikfood.com ,
telepon 021-7941177 (ext.547 dan 609)

View the original article here

No comments:

Post a Comment