Devita Sari - detikFood
Foto: beadhappilyeverafter.com Jakarta - Kebutuhan makanan halal di seluruh dunia bertumbuh pesat. Kini nilainya mencapai dua kali lipat dalam beberapa tahun terakhir. Pasar Eropa yang sebelumnya asing dengan produk halal kini ikut mengeruk keuntungan.
Negara-negara Eropa yang dulu belum begitu akrab dengan istilah produk halal, kini justru semakin menunjukkan minat yang besar terhadap berbagai produk halal. Di Italia, misalnya masyarakat mulai terbiasa menemukan makanan berlabel halal di supermarket-supermarketnya.
"Potensi Pengembangan pada pasar mencapai sekitar 4 atau 5 miliar euro," ungkap Hamid Roberto Distefano. Beliau merupakan Direktur Lembaga Sertifikasi Halal (LSH) di Italia, sebuah lembaga yang berwenang mengeluarkan sertifikasi halal di negara setempat untuk produk dan perusahaan. Sayang LSH sendiri saat ini belum memiliki kerjasama dengan LPPOM MUI.
Labelisasi halal di Italia terbentuk belum genap satu tahun lalu atas inisiatif Komunitas Agama Islam. Dimana turut disponsori oleh Kementerian Luar Negeri, Pengembangan Ekonomi, dan Pertanian dan Kesehatan. Sejak itu, sudah 30 perusahaan baik besar maupun kecil telah mendapat sertifikat dan perusahaan ditambah jumlah perusahan yang sama yang juga sedang melakukan prosedur mendapatkan sertifikat halal.
"Banyaknya permintaan sertifikasi tersebut boleh dibilang sebuah langkah maju," kata Distefano pada sebuah pertemuan yang diselenggarakan oleh badan promosi (17/10) di Milan Chamber of Commerce. Ia menambahkan, banyak pihak yang ingin menjalin kerjasama terutama untuk ekspor. Sedangkan di pasar lokal Italia setidaknya ada 1,5 juta penduduk muslim. Mereka ingin memakan makanan halal, dan perusahaan-perusahaan tersebut memasok stok untuk sebagian toko-toko kecil.
Kini, label halal di Italia telah menjadi bagian dari budaya konsumsi masyarakat setempat. Hal itu bisa dilihat dari adanya tortellini dan sosis halal di pasar. Dimana kedua makanan tersebut merupakan makanan khas dari Italia.
Di luar makanan, Distefano menambahkan bahwa pihaknya juga memulai untuk memberikan sertifikasi perusahaan-perusahaan farmasi dan kosmetik. Kedua sektor tersebut juga sedang mengalami pertumbuhan secara internasional hingga 30%, dua kali lipat dari makanan halal.
(dev/Odi)
Tutup
You are redirected to Facebook
You are redirected to Facebook
Sending your message
You are redirected to Lintas Berita
Sending your message
Post this to your WordPress blog:
Sending your message
Post this to your Blogger blog:
Sending your message
Sending your message
Share to your Yahoo Mail contacts
Sending your message
Sending your message
Import Your Yahoo Messenger contacts
Share to your Yahoo Messenger contacts
Sending your message
Import Your Google Talk contacts
Share to your Google Talk contacts
Sending your message
Import Your Live Messenger contacts
Share to your Live Messenger contacts
Sending your message
Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : iklan@detikfood.com ,
telepon 021-7941177 (ext.547 dan 609)
No comments:
Post a Comment