Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Sunday, December 11, 2011

Komunitas Kuliner di Sekitar Kedai Kopi Tak Kie

Bondan Winarno - detikFood

Komunitas Kuliner di Sekitar Kedai Kopi Tak Kie
Foto: Bondan W Jakarta - Pernah dengar Petak Sembilan? Di mana sih tempatnya?
Bila Anda berkendara di Jalan Gajah Mada dari arah Harmoni, ruas jalan itu akan berakhir di Glodok. Bila lurus, Anda akan masuk Jalan Pintu Besar Selatan. Bila belok ke kiri, Anda masuk Jalan Pancoran. Kawasan inilah yang disebut Petak Sembilan. Di sisi kanan Jalan Pancoran, di masa lalu ada sebuah gedung bioskop dan pusat pertokoan yang disebut Gloria. Gedung itu sekarang sudah diruntuhkan dan akan dibangun sebuah pusat pertokoan baru yang lebih modern. Di sisi gedung itu ada sebuah gang atau lorong kecil yang lazim disebut Gang Gloria. Padahal, di peta, lorong itu disebut sebagai Jalan Pintu Besar Selatan 3. Lorong sempit ini sangat populer di kalangan pecinta kuliner Jakarta.

Sebetulnya, di lorong ini episentrum-nya adalah Kedai Kopi Tak Kie. Kedai kopi seperti inilah yang sungguh-sungguh memenuhi kriteria untuk disebut kopitiam (warung kopi). Kedainya hanya berjualan kopi dan minuman lain, sedangkan makanan dipasok dari lapak-lapak penjual makanan di sekitarnya. Es kopi Tak Kie dijamin akan membuat Anda sakauw dan ingin kembali lagi.

Sesuai dengan lokasinya yang berada di jantung kawasan Pecinan, tentu saja ada beberapa jenis makanan yang termasuk kategori non-halal, misalnya: dendeng babi, suikiauw, kuotie, mi kuah, sekba, bektim, nasi campur, dan lain-lain. Ada pula makanan yang sering menjadi kontroversi, yaitu pi oh - masakan dari labi-labi. Pasalnya, banyak orang yang rancu menganggap bahwa pi oh dibuat dari penyu yang sudah dinyatakan langka dan dilindungi. Tetapi, sangat banyak juga makanan yang tidak mengandung babi di lorong ini.

Favorit saya di sini adalah bihun kari Lam. Ini adalah makanan khas Medan. Bihunnya tebal dan kenyal, diguyur dengan kuah kari ayam, sapi atau bebek. Di sebelah penjual bihun kari ini juga ada mi kangkung, yaitu mi dengan kuah kental semacam lomi, dan sayurnya adalah kangkung dan tauge. Tidak jauh dari situ juga ada penjual gado-gado enak yang populer dengan sebutan Gado-gado Direksi. Konon karena dulu pelanggannya adalah para direktur dari perusahaan-perusahaan dagang yang mulai bermunculan di sekitar Jalan Asemka.

Saya juga suka bebek panggang Sari Wangi yang bahkan pernah muncul dalam salah satu film layar lebar. Juicy! Penuh lemak juga, sih. He he he! Biasanya, saya memesan sedikit bebek panggang untuk menemani nasi tim istimewa dari A Ngo. A Ngo sudah makin tua, dan kini hanya berjualan tiap akhir pekan saja. Nasi tim-nya harum dan sangat lembut. Mungkin yang terbaik di seluruh Indonesia.

Di lorong ini juga ada penjual ketupat capgomeh yang sangat terkenal. Porsinya sangat besar, dan harganya pun agak mihil. Tetapi, kualitasnya memang istimewa. Dijamin tidak kecewa. Tidak jauh dari lapak ketupat capgomeh ini, ada penjual pikulan yang memanggang opak ketan dari Tangerang. Sangat khas dan unik.

Makanan lain yang saya rekomendasikan di sini adalah masakan Palembang dari sebuah warung kecil, soto betawi, dan juga nasi campur yang penampilannya mirip nasi galung di Pematang Siantar atau Medan.

Satu hal yang tidak pernah saya lewatkan bila berkunjung ke sini adalah berbelanja di Toko Kawi. Ada bebek asin, telur phitan, chestnut, kici, angkak, dan berbagai kebutuhan bahan makanan kering yang tidak selalu tersedia di pasar swalayan.

Siapa tahu, akhir pekan ini Anda punya waktu luang dan berjalan-jalan ke sini. Siapa tahu pula Anda akan menjumpai saya di situ sedang dicukur oleh seorang empek yang sudah berusia 85 tahun, atau bercengkerama dengan teman-teman lama di Kedai Kopi Tak Kie. (Bondan Winarno)

Lorong Gloria
Jl. Pintu Besar Selatan
Jakarta Utara

(eka/Odi)

Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : sales[at]detik.com

View the original article here

1 comment:

  1. Ayo gabung di Komunitas Kuliner Indonesia. Disini Anda dapat berbagi keceriaan tentang kuliner, menampilkan foto-foto kuliner, menayangkan acara-acara kuliner, berbagi video kuliner dll

    ReplyDelete