Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Thursday, December 15, 2011

Ikan Jelawat yang Sisiknya Bisa Dimakan

Bondan Winarno - detikFood

Ikan Jelawat yang Sisiknya Bisa Dimakan
Foto: Bondan W Jakarta - Restoran Pondok Kakap ini memang cabang dari rumah makan dengan nama yang sama di Pontianak, Kalimantan Barat. Tidak heran bila semua makanan dan minuman yang disajikan di sini pun persis sama dengan yang dihidangkan di Pontianak. Di Pontianak sana, selain yang di pusat kota, Pondok Kakap juga hadir di dekat kawasan muara yang menuju ke laut.

Signature dish dari Pondok Kakap adalah kepiting asap. Kepiting dibumbui, kemudian dibungkus dalam aluminum foil, dan kemudian dipanggang di atas bara api. Karena dibungkus rapat di dalam aluminum foil, panasnya merata, sehingga tingkat kematangannya pun rata, tanpa ada bagian yang hangus atau gosong karena jilatan lidah api. Apalagi karena teknik ini menempatkan bara api agak jauh dari "paket" yang dipanggang.

Bumbu-bumbu yang diulek halus dan dilumurkan rata ke potongan-potongan kepiting ini setelah matang tampak seperti bumbu rendang. Rasanya yang sangat gurih pun sangat mirip rendang. Padahal, bumbu-bumbu lengkap itu sama sekali tidak memakai santan maupun kelapa.

Kepiting asap dari Restoran Pondok Kakap ini sangat mirip penampilan maupun citarasanya dengan masakan kepiting dari sebuah rumah makan yang sangat terkenal di Comal, dekat Pekalongan, Jawa Tengah. Entahlah, apakah ini merupakan suatu kebetulan semata-mata. Masakan kepiting ini memang sangat unik, dan top markotop.

Berdasarkan ukurannya, ada tiga jenis kepiting yang ditawarkan, yaitu: biasa (400-500 gram), jumbo (500-700 gram), dan super jumbo (lebih dari 700 gram). Harganya antara Rp 13,5-16 ribu per 100 gram. Bisa juga dipilih yang jantan (dagingnya lebih padat) atau betina (bertelur). Selain disajikan sebagai kepiting asap, juga dapat dimasak dengan saus Singapura, rica-rica, saus padang, maupun telur asin.

Pondok Kakap juga menghidangkan berbagi hidangan khas Pontianak lainnya. Jangan lewatkan ikan jelawat kukus-nya yang istimewa. Ikan jelawat adalah sejenis ikan sungai yang bentuknya agak pipih, panjang, sisiknya besar. Sepintas mirip ikan arwana. Sisiknya yang besar-besar ini setelah dikukus dapat dimakan. Kenyal garing seperti tulang muda. Bahkan dapat pula digoreng seperti krupuk. Di Sumatra Utara, ikan ini disebut ikan jurung.

Ikan jelawat cocoknya dikukus dengan sayur asin. Mak nyuss! Bisa juga dikukus dan dibumbui kecap asin model Singapura. Bila ikan jelawat sedang kosong, pilihan lainnya adalah ikan sun hock alias ikan malas, kerapu lumpur, atau kerapu merah (lodi).

Selain jelawat, ikan khas daerah yang dihadirkan Pondok Kakap adalah ikan senangin (dimasak bumbu rujak atau dibakar), dan ikan lais (dimasak asam pedas).

Seafood lain yang disajikan Pondok Kakap adalah berbagai jenis udang (udang sungai, udang dogol, maupun udang laut) yang disajikan dalam berbagai cara masak, seperti: garam wangi (dengan minyak wijen), asam manis, telur asin, maupun mayones. Ada juga kerang kampak dan scallop. Sebagai sebuah restoran yang menyandang tulisan seafood, Pondok Kakap sungguh tidak mengecewakan.

Bila rindu masakan Pontianak, di sini juga dapat dipesan tumis pakis, sup kepala ikan dimasak dengan talas, dan hekeng alias lumpia udang yang sungguh medok rasa udangnya. (Bondan Winarno)

Pondok Kakap
Seafood Restaurant
Jl. Danau Sunter Utara Blok A3 No. 1-3
Jakarta Utara
021 6510641

(dev/Odi)

Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : sales[at]detik.com

View the original article here

No comments:

Post a Comment