Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Monday, September 26, 2011

'Shuimpjes', si Busa Manis yang Renyah

Odilia Winneke - detikFood

 'Shuimpjes', si Busa Manis yang Renyah
Foto:forum.scholieren.com Jakarta - Kue manis ini tak pernah kekurangan penggemar. Rasanya renyah, manis menggigit dan cocok dinikmati bersama kopi pahit. Bahannya dari putih telur dan mudah dibuat. Asal tahu triknya shuimpjes cantik bisa Anda buat!

Pada jaman Belanda kue ini konon jadi favorit buat teman minum the. Namanya Shuimpjes alias si busa. Sesuai dengan namanya, kue ini dibuat dari putih telur yang dikocok bersama gula hingga kental dan naik. Kemudian diberi warna dan perasa dan disemprot dengan bentuk bunga, bintang, bulatan, dan lain-lain.

Kalau di Belanda disebut shuimpjes maka oleh orang Perancis disebut meringue dan bahannya juga tak jauh berbeda. Karena rasanya sangat manis maka kue ini digolongkan sebagai dessert. Selain diberi pewarna dan perasa, sering juga dicampur dengan kacang atau almond yang digiling halus.

Variasi yang lain, schuimpjes diolesi dengan selai atau cokelat leleh kemudian disatukan sehingga bentuknya lebih cantik. Rahasia pembuatannya terletak pada putih telur kocok. Putih telur yang dikocok akan mencapai tiga tahapan, lembut, kencang dan kaku.

Penambahan gula dan cream of tartar membuat hasil kocokan menjadi lebih awet, tidak mudah berair dan turun. Yang tak kalah penting adalah proses pemanggangannya. Tidak boleh memakai suhu yang tinggi karena akan membuat kue cepat gosong sementara bagian dalamnya masih basah.

Suhu yang tepat berkisar 100 C sehingga bagian dalam kue kering demikian juga bagian luarnya. Warnanya tetap cantik, tidak gosong dan tidak mudah melempem. Teknik membuatnya ada beberapa versi. Cara Italia, memakai gula cair sebagai pengganti gula pasir. Sedangkan cara Swiss, putih telur dan gula dikocok sambil ditim sehingga mengembang.

Nah, apapun tekniknya, jika punya putih telur berlebih bisa diolah menjadi shuimpjes yang ringan,cantik dan manis. Warna, bentuk dan isinya bisa dipilih sesuai selera!

(Odi/Odi)

Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.
Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : iklan@detikfood.com ,
telepon 021-7941177 (ext.547 dan 609)

View the original article here

No comments:

Post a Comment