Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Monday, February 20, 2012

Dark Dinning Trend Terbaru Restoran di Dunia?

Odi - detikFood

Dark Dinning Trend Terbaru Restoran di Dunia?
Foto: www.gothamist.com Jakarta - Bersantap dalam kegelapan rupanya tengah menjadi trend di seluruh dunia. Sejak pertama diperkenalkan tahun 1999 silam, kini restoran bertema "Dark Dining" mulai bermunculan di seluruh dunia. Akankah resto ini menjadi trend 2012?

Jorge Spielmann adalah orang yang pertama kali memperkenalkan restoran unik ini di Zurich pada tahun 1999. Awalnya, Spielmann - seorang pendeta buta - mengundang para kerabatnya untuk makan malam di rumahnya. Untuk menunjukkan rasa solidaritas terhadap Spelmann, para tamu pun memakai penutup mata saat bersantap. Ternyata pengalaman bersantap tanpa cahaya tersebut memberikan pengalaman baru dalam menikmati makanan.

Menikmati makanan tanpa tahu apa yang mereka makan dan lihat, membuat indra penciuman dan perasa bekerja lebih sempurna. Itulah yang kemudian membuat Spielmann memiliki gagasan untuk membuat restoran bertema kegelapan untuk pertama kalinya, Blindekuh (Blind Cow). Selain diklaim sebagai restoran gelap pertama, restoran tersebut juga mempekerjakan para tuna netra sebagai staf mereka. Tak lama ia membuka outlet keduanya di Basel, Swiss.

Meskipun awalnya terasa aneh, namun sejak saat itu beberapa restoran sejenis mulai bermunculan di seluruh dunia. Salah satu diantaranya adalah Nocti Vagus di Berlin yang tidak cuma menawarkan pengalaman bersantap dalam kegelapan total, tetapi juga berbagai pertunjukan dalam gelap. Misalkan saja pertunjukan musik jazz dalam menghibur tamu, seminar kesehatan, pertunjukan komedi, dll. Mereka juga memiliki "menu kejutan" untuk para tamu yang datang.

Opaque adalah restoran "Dark Dinning" yang cukup terkenal di California. Restoran ini juga memiliki 2 cabang lainnya dan dikenal sebagai restoran bertema "Dark Dinning" termahal di Amerika. CamaJe Bistro adalah salah satu restoran di New York yang tidak begitu ketat dalam aturannya. Masih ada penerangan berupa lilin dan para pengunjungnya menyantap makanan dengan tutup mata.

Kini restoran bertema kegelapan juga sudah merambah ke Asia. Sebut saja Senses Restaurant di Hong Kong, Blind Art Restaurant di Seoul, dan Trojan Fairy di Beijing. Sedangkan yang paling baru adalah Dine in The Dark yang dibuka di Ascott Sathorn Hotel, Bangkok.

Meskipun begitu tidak semua restoran bertema kegelapan ini mengusung aturan yang ketat. Ada pula yang masih menyediakan sedikit penerangan hingga sama sekali dalam kegelapan total. Intinya pengunjung diajak untuk mencoba menikmati pengalaman bersantap yang berbeda dan melatih lidah dan kepekaan mulut lewat makanan yang tidak terlihat mata.

Mengingat banyaknya restoran sejenis ini bermunculan di seluruh dunia, tak heran jika "Dark Dinning" diprediksikan bakal menjadi salah satu trend restoran. Apakah Anda salah satu yang tertantang dan penasaran ingin menikmati kelezatan makanan dalam kegelapan total ini? Restoran bertema kegelapan, Blind Cafe and Restaurant juga telah hadir di Bandung.

(Odi/Odi)

Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : sales[at]detik.com

Roti sehat harga hemat

No comments:

Post a Comment