Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Friday, November 4, 2011

Hmm... Nikmatnya Sarapan Bihun Kuah Ikan Goreng!

Odilia Winneke - detikFood

Hmm... Nikmatnya Sarapan Bihun Kuah Ikan Goreng!
Foto: dev/detikFood Jakarta - Sarapan di pasar ternyata sangat asyik. Pilihan makanannya banyak dan semua dimasak saat dipesan. Seperti racikan bihun kuah khas Medan ini. Bihunnya lentur mulur, ikan gabusnya kering gurih dengan limpahan kuah yang panas mengepul. Sluurp... sedapnya!

Bosan sarapan mi, nasi, atau roti, sekali-sekali mampirlah ke kawasan pasar Muara Karang. Pasar tradisional yang tak berapa besar ini sudut-sudutnya dipenuhi kopitiam khas Medan. Begitu masuk ke bagian pasar basah langsung tercium aroma wangi bawang putih goreng.

Hampir semua kopitiam terutama di bagian depan dipenuhi dengan orang yang sedang ngopi dan sarapan. Mau sarapan apa? Semuanya ada. Bihun kari, lontong sayur, nasi goreng, nasi uduk, kwetiau, bubur, nasi campur, gado-gado, sup seafood atau pisang goreng.

Seperti di kawasan pasar lain, hampir semua makanan dimasak di tempat dan disajikan panas mengepul. Setelah berputar membeli jajanan dan melihat-lihat aneka bahan makanan yang dijual di pasar, barulah kami mencari tempat buat sarapan.

Kopitiam Aceh yang ada di bagian belakang pasar menjadi tujuan kami. Warung kopi gaya Medan ini emperannya dipenuhi penjual makanan. Sementara bangku dan meja ditaruh di tengahnya. Jadi kalau mau mampir makan, duduk saja dan pesan langsung pada penjualnya atau pelayan akan membantu memesankan makanan.

Perut lapar dan terus-menerus tercium bau makanan. Wah, benar-benar tak tahan. Akhirnya pilihan kami jatuh pada Bihun Kuah Ikan Goreng (Rp 24.000,00), seporsi Hokkian Mie (Rp. 23.000,00) dan Cong Fan (Rp 8000,00). Buat membuka mata segelas es kopi tarik melengkapi sarapan kami.

Tidak sulit mengenali aneka makanan yang dijajakan di sini karena tiap gerai/gerobak dilengkapi dengan daftar menu lengkap berikut foto bahkan racikan bisa dipesan sesuai yang kita inginkan. Bihun kuahpun disajikan panas mengepul dalam mangkuk sedang komplet dengan sambal kecap rawitnya.

Bihun yang bening tergenang kuah dengan irisan ikan gabus goreng menebar aroma gurih enak. Hmm... kuahnya gurih dengan rasa bawang putih yang kuat. Ikan gabusnya renyah bagian luarnya dan lembut gurih bagian dalamnya. Terasa sekali ikannya sangat segar karena teksturnya padat dan tidak anyir.

Bihunnya pun tidak terbuat dari tepung beras tetapi tepung kanji. Warnanya sedikit keruh dengan tesktur kenyal-kenyal enak. Beberapa potong sawi melengkapi menu sarapan sehat ini. Wah, bihun kuah ini makin enak setelah disuap dengan sedikit sambal kecap rawit. O, ya kalau suka bisa dipesan kepala ikan gabus goreng sebagai isian bihun enak ini.

Cong Fan, jajanan khas Medan yang kami pesan ternyata juga tak mengecewakan. Irisan adonan tepung beras (mirip kwetiau) yang lebar dan tipis terasa lentur gurih. Setelah diaduk dengan kecap asin, sambal rawit merah plus bawang merah goreng, hmm...makin unik dan enak rasanya. Jajanan ini memang sering dijajakan keliling dengan sepeda. Namun, yang satu ini lebih segar dan masih hangat!

Meskipun sudah mulai kenyang tetapi tampilan mie hokkien gaya Malaysia dengan topping ayam dan jamur sangat menggiurkan. Mi lidi yang kenyal lembut dibalut sedikit kecap manis beraroma bawang yang legit wangi. Topping ayam cincang dan jamurnya pun garing gurih. Setelah diaduk dengan sedikit kaldu rasanya lebih mantap. Gurih, kenyal dan sedikit manis.

Buat melengkapi ritual sarapan, es kopi tarik dalam gelas tinggi ternyata jadi pilihan yang tepat. Aroma wangi kopi Sumatera dengan buih halus di atas gelas menjelma jadi sensasi sedap di lidah. Ah, jadi ingat seduhan kopi Sidikalang khas kedai kopi Medan. Hmm... sebuah sarapan yang sempurna!

O,ya jika ingin mencuci mulut dengan buah segar tak usah beranjak dari kursi pedangan asongan yang menawarkan buah segar seperti duku, jeruk, mangga akan menghampiri meja. Juga aneka jajan pasar, kacang hingga handuk dan sarung bantalpun bisa dibeli. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, sekali-sekali sarapan seru di sini!

Kopitiam Aceh
Belakang Pasar Muara Karang
Jl. Muara Karang Raya
Jakarta Utara

(dev/Odi)

Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : sales[at]detik.com

View the original article here

No comments:

Post a Comment