Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Wednesday, November 9, 2011

Warung Nasi Favorit Para Petinggi

Bondan Winarno - detikFood

Warung Nasi Favorit Para Petinggi
Foto: Bondan Winarno Medan - Abdul Latif Sinaga adalah seorang nelayan di Sibolga yang selama 30 tahun lebih menekuni pekerjaan yang penuh risiko itu. Ketika Nasrul, anak keduanya, lahir, mendadak Abdul Latif takut melaut. "Bagaimana kalau aku mati? Bagaimana nasib anakku kelak?" begitulah kata hatinya yang galau. Ia pun memutuskan untuk berhenti melaut, dan bahui-membahu dengan istrinya yang pintar memasak, mereka pun kemudian membuka warung nasi di kampungnya.

Karena masakannya lezat, warung itupun langsung laris-manis. Tetapi, karena pelanggannya kebanyakan adalah teman-teman mereka sendiri yang suka berutang – khususnya bila musim angin kencang, sehingga mereka tidak berani melaut. Abdul Latif tidak tega menagih utang dari teman-temannya. Maka, pada tahun 1985, mereka pun hijrah ke Medan untuk membuka warung nasi dengan masakan khas pesisir Tapsel (Tapanuli Selatan) di kota besar itu. "Di sini, semua orang bayar kontan," kata Abdul Latif menyeringai.

Tidak heran bila kedai nasinya pun berjaya di Medan. Dari satu kedai nasi, sekarang rumah makannya sudah buka cabang yang lebih besar di jalan utama Medan. Pelanggannya pun tidak lagi para nelayan maupun orang kantoran, melainkan juga para pejabat dan pesohor. Akbar Tandjung, Faisal Tandjung, Aulia Pohan, dan Ruhut Sitompul hanyalah beberapa saja dari nama-nama pesohor yang telah "tergigit" legitnya masakan Nasrul Sibolga.

Masakan gagrak Tapsel memang merupakan "adukan" dari berbagai aliran kuliner utama Indonesia. Bila dilihat sekilas, tampak sekali banyaknya pengaruh masakan Minang dalam kuliner Tapsel, seperti: gulai, asam padeh, balado, palai, dan lain-lain. Masakan Batak jenis halal pun diserap, antara lain arsik, dan daun ubi tumbuk. Tentu saja, masakan Melayu, seperti ikan salai pun menjadi bagian penting dari kuliner Tapsel.

Nasrul Sibolga juga memakai cara saji mirip di rumah-rumah makan Padang. Begitu tamu duduk, beberapa piring kecil berisi berbagai jenis masakan pun dihidangkan di meja. Para tamu memilih sendiri lauk yang diingini, dan kemudian membayar hanya makanan yang dikonsumsi. Bila ada jenis masakan tertentu yang diingini dan belum tersaji di meja, tamu tinggal berteriak memanggil pramusaji.

Kebanyakan tamu Nasrul Sibolga tidak melewatkan gulai kepala ikan gabu (kapuk, disebut manyung atau sembilang di Jawa) yang sungguh berlemak. Kepala ikan berukuran besar ini mengandung kulit yang tebal dan kenyil-kenyil.

Banyak juga tamu yang menyukai ikan geleng – satu jenis sajian yang sudah kian langka di Tapsel. Maklum, ikan geleng ini sangat rumit penyiapannya. Ini adalah ikan kembung yang dikeluarkan daging dan tulangnya, lalu diisi kembali dengan daging ikan yang sudah dilembutkan dan dicampur bumbu, kemudian digoreng. Di Pulau Bangka, sajian ini disebut kembung betelok – mirip dengan sate bandeng di Banten, atau otak-otak bandeng di Surabaya. Konon, di masa lalu, ikan geleng hanya disajikan untuk para raja.

Favorit saya di Nasrul Sibolga adalah arsik ikan mas. Arsik adalah masakan khas Sumatra Utara, terbuat dari ikan mas, dengan bumbu-bumbu yang sungguh istimewa. Arsik Batak, arsik karo, dan Arsik Tapsel punya karakterisitik sendiri-sendiri. Arsik Bataknya berkuah encer, hingga kuahnya dapat dihirup. Arsik Karo kuahnya sangat pekat. Sedangkan arsik Tapsel berada di antara keduanya – tidak terlalu encer, juga tidak terlalu pekat. Warna kuahnya pun lebih merah bila dibanding arsik Batak yang encer kekuningan.

Arsik dimasak dengan bumbu-bumbu: kunyit, andaliman (szechuan pepper), kincung (pucuk bunga kecombrang), asam tikala (asam dari buah kecombrang), asam gelugur, dan banyak lagi. Andaliman membuat pidah bergetar karena pedasnya. Sedangkan dua jenis asam yang dipakai membuat kuahnya terasa segar.

Yang tidak akan pernah saya lewatkan di Nasrul Sibolga adalah sambal bawang batak. Bawang batak adalah bawang merah jenis khusus yang dipetik muda bersama daunnya. Bawang batak menghadirkan aroma harum dalam masakan. Sambal yang pedasnya nonjok ini sungguh dahsyat – dicampur petai dan bawang Batak. Mak nyuosss!

Coba juga masakan ikan salainya. Ikan salai adalah ikan yang dikeringkan dengan cara diasap. Yang enak disalai antara lain adalah ikan lele. Dimasak gulai dengan terong, dijamin Anda akan menghabiskan lebih banyak nasi.

Kalau saja Anda tidak terlalu kalap(aran!), di rumah makan murah-meriah ini cukup dianggarkan Rp 50 ribu per kepala untuk makan kenyang dan puas.

Kabar baik untuk para penggemar Nasrul Sibolga. Saat ini Nasrul sedang mencari lokasi untuk membuka cabangnya di Jakarta. Dalam waktu dekat ini tampaknya rencana itu sudah akan menjadi kenyataan. Kita tunggu saja tanggal mainnya.

Nasrul Sibolga
Jl. Sisingamangaraja 86
Medan
061 7367072, 7320200

(dev/Odi)

Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : sales[at]detik.com

View the original article here

No comments:

Post a Comment