Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Wednesday, November 23, 2011

Huah..huah Sedapnya Saus Sriracha!

Flora Febrianindya - detikFood

Huah..huah Sedapnya Saus Sriracha!
Foto: plus.google.com Jakarta - Saus dari negeri gajah putih ini sangat segar. Terbuat dari cabai merah, bawang putih, cuka, garam dan gula. Rasa pedasnya yang tajam menggigit dan pekat dengan sedikit kesan manis di lidah. Pedasnya bikin keringatan!

Saus dari Thailand ini dikenal dengan nama Saus Siracha. Saus ini cocok untuk dipadu dengan beragam makanan. Sebut saja sup, pasta, pizza, hotdog, hamburger, dan makanan apapun yang cocok dengan campuran saus pedas.

Di Thailand, saus sriracha dimakan sebagai cocolan seafood. Di Vietnam, saus sriracha biasa ditambahkan pada Pho, yaitu sup khas Vietnam dengan isian mi beras dan daging sapi rebus. Umumnya, saus sriracha dijual dalam kemasan botol.

Nama saus sriracha diambil dari satu wilayah di Thailand, yang memang terkenal akan saus sambalnya. Nama aslinya, prik sriracha atau sawd prik. Sriracha adalah kawasan pelabuhan dan perikanan Thailand, sekitar 90 menit dari Bangkok jika ditempuh dengan mobil.

Saus sriracha kini menjadi sangat terkenal dan biasa dikonsumsi di Amerika. Bermula pada tahun 1980-an, David Tran seorang warga Vietnam bermigrasi ke Amerika. Di tempat tinggal barunya, David tidak dapat menemukan sambal yang pas dengan seleranya, maka ia berusaha membuat saus sendiri yang dinamai saus sriracha.

Kepopuleran saus sriracha yang dibuat David pun meroket, dan membuatnya mendirikan brand Huy Fong Foods yang dibuat di Rosemead, California. Pada botol saus sriracha yang dibuatnya, terdapat tulisan Vietnam dan China, yang mencirikan saus ini berasal dari Asia. Padahal, cabai yang digunakan sebenarnya berasal dari bagian selatan California dan bukan asli Asia. Rasa sriracha buatan David pun agak berbeda dengan saus sriracha di Thailand, yang sedikit lebih manis.

Saus sriracha dibuat dari cabai yang dihaluskan bersama bawang putih, gula dan garam. Sambal ini disimpan dalam stoples, pada suhu kamar selama satu minggu, dan aduk satu kali sehari. Setelah satu minggu, dipanaskan di atas api sedang. Setelah mendidih, dihaluskan kembali lalu disaring. Kalau ingin mendapatkan saus ini bisa membeli di pasar swalayan besar.

(Odi/Odi)

Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : sales[at]detik.com

View the original article here

No comments:

Post a Comment