Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Saturday, November 5, 2011

Hangiri, Wadah Nasi Sushi

Odilia Winneke - detikFood

Hangiri, Wadah Nasi Sushi
Foto: japastuff.com Jakarta - Bentuknya bundar dengan beragam ukuran. Dibuat dari kayu pohon yang tumbuh di negeri sakura. Peralatan wajib pembuatan sushi ini memberi aroma khas pada nasi sushi dan menjaga tidak cepat basi. Pencinta sushi wajib memiliki alat ini!

Hampir di setiap sushiya atau rumah makan sushi, alat ini terlihat di dapur terbuka mereka. Hangiri atau handai, wadah seperti baskom dari kayu ini sudah dikenal sejak orang membuat sushi. Terbuat dari kayu dengan warna putih terang dengan ikatan lempengan tembaga di sisinya.

Meskipun terbuat dari kayu, tidak boleh sembarang pohon dipakai untuk membuat Hangiri. Pohon kayu Sawara Cypress yang kuat dan halus yang biasa dipilih sebagai bahan utamanya. Batang kayu yang mahal ini diserut dan dibentuk bundar.

Diameternya beragam mulai dari 40 cm–72 cm dengan tinggi sekitar 15 cm. Di bagian tengah dan bawahnya diikat dengan sepotong lempengan tembaga. Bagi sushi chef alat ini sangat penting. Saat membuat nasi sushi, setelah nasi matang, dipindahkan ke dalam Hangiri ini.

Dalam keadaan panas nasi sushi diaduk dengan sushi shu atau cuka sushi, memakai sendok kayu atau shamoji hingga rata. Gerakan mengaduk dilakukan dengan posisi sendok miring sambil dikipas-kipas hingga uapnya hilang.

Karena itu hangiri dibuat dari kayu sehingga cuka dan uap air dari nasinya bisa meresap dengan baik. Setelah itu nasi sushi ditutup dengan fukin, kain tipis hingga agak dingin. Pembuatan nasi sushi dengan hangiri termasuk yang wajib dilakukan karena jika dilakukan dengan wadah lain, rasa nasi sushi kurang enak. Padahal nasi sushi yang enak merupakan kunci kelezatan sushi.

Karena terbuat dari kayu cypress maka harganya juga lebih mahal dari panci stainless steel. Harganya berkisar dari Rp. 750.000,00 hingga Rp. 3.000.000,00. Hangiri tahan dipakai dalam waktu lama karena itu biasanya menjadi peralatan wajib para sushi chef. Bisa diperoleh di toko online atau toko bahan makanan dan peralatan Jepang.

(Odi/Odi)

Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : sales[at]detik.com

View the original article here

No comments:

Post a Comment