Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Tuesday, November 22, 2011

Jimbaran, Tapi di Bali(kpapan)

Bondan Winarno - detikFood

Jimbaran, Tapi di Bali(kpapan)
Foto: Bondan Winarno Balikpapan - Pasir putih dan debur ombak. Gamelan Bali mengalun. Kain poleng hitam-putih menyalut tiang-tiang kayu. Hiasan janur ditiup angin menjuntai-juntai. Di dapur, Kadek sibuk memasak ayam betutu. Tetapi, lho, kok ada tongkang batubara melintas?

Tunggu dulu! Suasana yang sangat m-Bali ini ternyata bukan di Pulau Dewata, melainkan di sepenggal pantai timur Balikpapan, Kalimantan Timur. Rumah makan ini dengan sukses me-replikasi Bali di tanah jauh.

Pantai Kemala memang telah lama jadi tujuan wisata warga Balikpapan. Pantainya bersih. Di pantai ini bisa disewa jetski, banana boat, dan berbagai atraksi pantai lainnya. Pada akhir pekan, pantai ini menjadi kian ramai karena banyaknya warga yang melepas penat dan stress di sini.

Tentu saja mereka tidak skadar makan angin. Di Pantai Kemala ini ada satu bangunan panjang yang mewadahi berbagai fasilitas makan. Berbagai jenis makanan ditawarkan oleh masing-masing rumah makan di situ. Ada makanan Arab, Manado, Tionghoa, juga kedai kopi dan kafe untuk sekadar kongkow. Paling ujung dan paling luas ditempati oleh Dapoer Jimbaran.

Jimbaran menawarkan berbagai seafood untuk diolah secara Bali – mirip seperti yang umumnya ditawarkan di sepanjang Pantai Jimbaran yang asli di Bali sana. Sebagai catatan saja, yang di Jimbaran ini pun mirip gaya rumah makan seafood di Makassar, Thailand, dan tempat-tempat lain – yaitu gaya fresh seafood market. Pengunjung datang memilih ikan segar, lalu memilih jenis masakan untuk “menyelesaikan” protein yang dipilih.

Siang itu saya memilih kakap merah bakar (600 gram, Rp 75 ribu), kepiting soka (500 gram, Rp 62 ribu), dan tumis kangkung.

Ikan kakap merah yang segar dibakar polos. Setelah mencapai setengah matang, dibalur dengan bumbu dan rempah khas Bali (base genep). Ini memang khas cara Bali yang sangat beda dengan cara orang Makassar “menyelesaikan” ikan di atas bara api. Karena itu, hasilnya pun pasti beda. Atas dasar ini, penilaian kita terhadap ikan bakar/panggang pun harus adil. Harus apple to apple. Cara membakar ikan para pedagang di Muara Karang pun beda lagi, dengan hasil akhir yang berbeda pula.

Ikan bakar Bali menghasilkan finish yang agak gosong karena karamelisasi bumbu-bumbunya. Moist-ness daging ikannya tidak lagi alami karena sudah ter-infiltrasi bumbunya yang medok. Beberapa kali saya makan ikan bakar di Bali dengan teman-teman Jakarta, kebanyakan komentar mereka sama: “Kok nggak pake kecap manis, ya?” Seolah-olah ikan bakar wajib dibumbui dengan kecap manis.

Inilah yang sebetulnya telah saya sampaikan sebagai caveat di atas. Sebelum menilai, ketahui dulu keunikannya. Bagi saya, kakap bakar olahan Kadek di dapur Jimbaran ini bernilai 8. Kepiting soka gorengnya bernilai 9. Hanya digoreng tepung dengan bumbu minimalis, kepiting soka goreng Jimbaran merupakan sajian yang harus diuji bila Anda sempat singgah ke sini.

Di Kalimantan Timur, biasanya kepiting yang berukuran besar – termasuk kepiting soka ukuran besar – didatangkan dari Tarakan. Di Jimbaran ini kepiting sokanya terasa sangat fresh, bersih, gurih, serta menyisakan clean palate di rongga mulut. Tidak ada sisa minyak atau rasa amis.

Dapoer Jimbaran
Jl. Jenderal Sudirman
Pantai Kemala
Balikpapan
0542 440808, 419111

(dev/Odi)

Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : sales[at]detik.com

View the original article here

No comments:

Post a Comment