Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Wednesday, June 29, 2011

Shabu Tei yang bukan Saudara Tei Lainnya

Odilia Winneke - detikFood

Shabu Tei yang bukan Saudara Tei Lainnya
Foto: Bondan Winarno Jakarta - Jangan terlalu cepat berkesimpulan bila membaca nama restoran. Sebagai pemilik Kopitiam Oey, saya pun sering lelah menjawab pertanyaan apakah kopitiam-kopitiam yang lain juga punya saya. Alangkah sulitnya memberitahukan bahwa kopitiam berarti kedai kopi yang dibedakan lagi dengan nama berikutnya. Saya yakin para pramusaji Shabu Tei pun paling sering ditanya tamu: apakah ini "saudara"-nya Sushi Tei? Sekalipun sama-sama bernama Tei, keduanya ternyata tidak bernaung di bawah satu kepemilikan ataupun manajemen.

Tei – bergantung pada bagaimana intonasinya – mempunyai banyak arti dalam bahasa Jepang. Bisa berarti courtyard, perhentian, puri, da lain-lain. Dalam hal ini tentu saja berarti restoran. Kata lain yang umum dipakai untuk restoran adalah "ya", seperti dalam: sushi-ya, shabu-ya, obento-ya, ramen-ya, dan lain-lain. Di Jakarta juga ada rantai restoran dengan nama yang membuat orang berkesimpulan salah. Bagi mereka yang cukup savvy di bidang kuliner, nama Shabu Nobu dan Sushi Nobu mungkin akan langsung diduga sebagai restoran milih celebrity chef Jepang terkenal Nobu (Nobuyuki) Matsuhisa yang sudah punya resto di New York, Beverly Hills, Milan, dan Aspen, Colorado.

Yang jelas, dari namanya, kita tahu bahwa pastilah sajian utama dan andalan Shabu Tei adalah shabu-shabu – sajian rebus-rebusan a la Jepang yang sudah semakin populer di Indonesia. Ada dua hal yang saya duga menjadi penyebab popularitas shabu-shabu di Indonesia. Pertama, karena ada atraksi memasak sendiri. Kedua, karena ini adalah jenis masakan sehat karena tanpa digoreng.

Konon, kata shabu-shabu (dalam dialek Jepang, akhiran "u" hampir tidak terdengar karena ditelan) berasal dari bunyi "syab-syab" ketika irisan daging tipis digoyang-goyang di dalam air mendidih. Selain irisan daging, "isi" shabu-shabu adalah seafood, tahu, jamur, dan sayur-mayur. Semuanya dicelupkan ke dalam kaldu berbasis kombu (semacam rumput laut).

Kondimen atau dipping sauce-nya adalah semangkuk goma dare (saus wijen), dan semangkuk ponzu yaitu saus encer dengan kecap asin, irisan halus daun bawang dan bawang putih cincang. Biasanya, daging dicelupkan ke dalam ponzu, sedangkan sayuran dicelupkan ke dalam goma dare supaya lebih gurih.

Shabu Tei menyajikan tiga macam daging untuk shabu-shabu-nya, yaitu wagyu (Rp 195 ribu), US Prime (Rp 140 ribu), dan Australia (Rp 130 ribu). Setiap pesanan daging datang dengan sayuran lengkap. Bagi yang menghindari daging, juga tersedia Shabu Tei Special Food dengan harga Rp 130 ribu. Juga disajikan dengan sayur-mayur lengkap sebagai pendamping.

Saran saya, sebagai hidangan pembuka, pesanlah Shabu Tei Special Salad (wortel, rumput laut, jagung manis, lettuce) yang porsinya besar dan dapat disantap berdua. Salad adalah hidangan pembuka yang cocok sebelum menyantap shabu-shabu.

Bila Anda datang sendiri, shabu-shabu akan menjadi terlalu besar porsinya. Selain itu, apa asyiknya masak sendiri lalu makan sendiri? Tetapi, bila terpaksa datang sendiri, Shabu Tei juga menyediakan lunch set dengan harga terjangkau, seperti nabeyaki (Rp 65 ribu), sukiyaki (Rp 80 ribu), curry udon (Rp 55 ribu), dan lain-lain.

Shabu Tei di Indonesia sudah punya beberapa gerai di Jakarta, antara lain di: Mal Taman Anggrek, Mal Puri Indah, Mal Kelapa Gading, dan Plaza Semanggi. Kesukaan orang Indonesia terhadap shabu-shabu mungkin akan segera membuat Shabu Tei mekar ke beberapa lokasi di luar Jawa.

(dev/Odi)


Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : iklan@detikfood.com ,
telepon 021-7941177 (ext.547 dan 609)

View the original article here

No comments:

Post a Comment