Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Monday, February 6, 2012

Jika Sedang Diet, Hindari Makan Bersama Orang Rakus

Odi - detikFood

Jika Sedang Diet, Hindari Makan Bersama Orang Rakus
Foto: Shutterstock Jakarta - Lingkungan memiliki dampak yang signifikan pada perilaku, termasuk saat menjalankan program diet. Pilih lingkungan yang mendukung upaya kita. Hindarilah makan bersama orang rakus, karena Anda akan tergoda meniru cara makannya.

Ini bukan omong kosong. Peneliti dari Radboud University Nijmegen, Belanda, telah membuktikan bahwa perempuan yang makan bersama cenderung saling meniru kecepatan makan rekannya.

Dalam studi yang dimuat di jurnal PLoS One ini tertulis bahwa tim peneliti mengajak dua orang wanita yang tak saling kenal untuk bersantap bersama. Para peneliti kemudian mengukur waktu yang dibutuhkan untuk menghabiskan makanan dalam sekali suap. Ternyata, catatan waktu keduanya sama.

Sebelumnya juga ada penelitian serupa dengan hasil yang mirip. Sebanyak 70 pasang wanita Belanda yang belum kenal satu sama lain makan bersama dengan jenis makanan, jumlah, serta waktu makan yang sama. Hasilnya, wanita menyuapkan makanan ke mulut dalam waktu 5 detik setelah rekannya.

Sudah ada beberapa riset yang menguatkan fakta bahwa cara makan dan minum kita dipengaruhi orang dan lingkungan sekitar. Penulis riset ini, Roel Hermans, menduga bahwa tindakan meniru ini dikarenakan kita ingin disukai oleh orang lain.

“Alasan lainnya adalah, kita memiliki keinginan dasar untuk meniru orang lain. Ketika melihat rekan menyuapkan makanan, sistem motorik kita menggerakkan tubuh untuk makan juga,” kata Roel seperti dikutip dari My Health News Daily. Hal ini bisa pula terjadi karena wanita melihat tindakan orang lain untuk memandu sikapnya agar sesuai dengan norma yang berlaku.

Roel menambahkan, wanita 3 kali lebih sering meniru rekan makannya selama 10 menit pertama bersantap dibanding di 10 menit terakhir. Ia menduga hal ini dilakukan untuk menjaga hubungan dengan orang asing.

Pria ini memberi saran kepada orang-orang yang sedang menjalankan diet. “Jangan cuma fokus ke makanan sehat, tapi juga lingkungan sekitar. Jangan abaikan sinyal dari dalam tubuh Anda lalu mengikuti orang lain,” ujar Roel.

Untuk ke depannya, Roel berharap dapat memelajari sikap pria, anak-anak, dan lansia saat makan, termasuk apakah hasilnya akan sama jika kedua orang tersebut sudah saling mengenal. Dr. Sarah-Jeanne Salvy, ilmuwan RAND Corp. yang meneliti perilaku makan, berharap bisa melihat alasan di balik pola peniruan tersebut.

“Alasan karena ingin mengambil hati orang lain dan murni karena ingin meniru harus dibedakan,” saran Sarah.

(Odi/Odi)

Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : sales[at]detik.com

Roti sehat harga hemat

No comments:

Post a Comment