Devita Sari - detikFood

Foto: article.wn.com Jakarta - Untuk membuat konsumen kembali bergairah, Tesco menggelar promosi diskon cokelat besar-besaran. Siasat ini tampaknya sukses. Namun selain kebanjiran pembeli, Tesco juga mendapat kecaman dari para pakar kesehatan antiobsesitas.
Di bulan Januari 2012, jaringan supermarket internasional di Inggris, Tesco membuat promosi besar-besaran berupa diskon cokelat di seluruh jaringan supermarketnya. Tak tanggung-tanggung Tesco memberikan diskon 50%-90% untuk cokelat-cokelatnya.
Misalkan saja Terry's Chocolate Oranges yang biasa dijual seharga ?2.75 atau Rp 38.800,00 kini dapat dibeli cuma 29penny (Rp 1125,00) per buah. Bahkan seorang konsumen mengaku membeli 192 chocolate oranges cukup dengan membayar ?56 (Rp 789.700). Ia telah menghemat sebesar ?472 (Rp 6.656.600,00). Wow!
Selain itu, Tesco juga menjual paket Snickers, KitKat Chunky, Twix, Mars dan Bounty hanya seharga ?1. Dalam satu bungkus paket cokelat tersebut berisi 5 buah cokelat. Sehingga kalau dijual seharga ?1 per bungkus maka harga promosi menjadi 20p, padahal harga normal untuk tiap cokelat bar tersebut mencapai 54p.
Tentunya para chocoholics (penggila cokelat) di Inggris menyambut gembira dan tidak melewatkan kesempatan istimewa tersebut. Mereka pun berbondong-bondong menyerbu jaringan supermarket Tesco. Tak heran jika banyak konsumen yang berbondong-bondong keluar dari supermarket dengan kedua tangan penuh plastik-plastik berisi cokelat.
Bagaimanapun, para pakar kesehatan telah melemparkan kritikan mereka terhadap promosi yang dilakukan Tesco. Mereka menilai promosi tersebut memberikan dampak buruk terhadap kebiasaan makan konsumen dalam hal ini masyarakat.
"Membuat promosi semacam ini di saat obesitas sedang menjadi masalah, merupakan sesuatu yang benar-benar tidak bertanggung jawab," ujar juru bicara National Obesity Forum, Tam Fry seperti yang dilansir dari dailymail.
Sebaliknya, seorang pakar keuangan - Jasmine Birtles - mendukung aksi yang dilakukan Tesco. "Apa yang dilakukan Tesco tidak salah, karena mereka harus melakukan promosi-promosi bagus dan juga butuh kepercayaan konsumen dengan menawarkan tawaran-tawaran terbaik," jelas Birtles.
Pihak Tesco sendiri membela diri bahwa mereka tidak hanya mendiskon cokelat, tetapi juga memberi potongan harga untuk barang-barang lainnya seperti roti, sayuran, daging, dan buah-buahan.
(dev/Odi)
Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.Tutup
You are redirected to Facebook
You are redirected to Facebook
Sending your message
You are redirected to Lintas Berita
Sending your message
Post this to your WordPress blog:
Sending your message
Post this to your Blogger blog:
Sending your message
Sending your message
Share to your Yahoo Mail contacts
Sending your message
Sending your message
Import Your Yahoo Messenger contacts
Share to your Yahoo Messenger contacts
Sending your message
Import Your Google Talk contacts
Share to your Google Talk contacts
Sending your message
Import Your Live Messenger contacts
Share to your Live Messenger contacts
Sending your message
Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : sales[at]detik.com
No comments:
Post a Comment