Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Thursday, May 26, 2011

Megibung di Pantai Kuta

Bondan Winarno - detikFood

Megibung di Pantai Kuta
Foto: Bondan W Bali - Megibung adalah tradisi makan bersama yang telah eksis dalam budaya Bali sejak ratusan tahun yang silam. Konon, tradisi ini dimulai oleh Raja Karangasem yang ketika membawa balatentaranya ke Lombok selalu mengajak para prajurit makan bersama. Ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi para prajurit agar berdaya juang pantang menyerah.

Tidak heran bila pada awalnya tradisi megibung ini terasa sangat militeristis. Ada aturan-aturan ketat yang harus dipatuhi bagi mereka yang berpartisipasi dalam acara makan bersama. Harus cuci tangan bersih. Tidak boleh bersin. Tidak boleh kentut. Mulutnya tidak boleh berkeciplak ketika makan. Dan lain-pain aturan lagi.

Hingga sekarang pun sisa-sisa tradisi militer itu masih dilaksanakan secara ketat di masyarakat. Biasanya, satu dulang dihadapi oleh 5-6 orang. Nasi di tengah dulang dibelah menjadi 5-6 bagian - bergantung pada jumlah orang yang mengelilingi dulang. Lauk-pauk pun dibagi rata secara adil.

Hingga beberapa tahun yang lalu, saya harus secara khusus memesan makanan untuk disantap secara megibung di sebuah rumah makan sederhana di Tirtagangga. Tetapi, kini di Kuta pun kita sudah bisa menemukan sajian megibung ini. Karena Kuta merupakan kawasan turis, maka megibung pun diberi nama asing: Balinese risjttafel. Sajian ini dapat diperoleh di Kunyit Bali, sebuah restoran yang berlokasi di depan Hotel Santika Beach Premiere di Kuta.

Demi alasan praktis, paket megibung di Kunyit Bali ini disajikan untuk dua orang dengan harga Rp 227 ribu. Pastikan untuk memesan paket halal bila Anda beragama Islam. Ada tiga masakan yang mengandung babi dalam menagerie suguhan ini - sate kempul, be celeng menyatnyat, dan urutan - dan dapat diganti dengan protein halal. Sate kempul bisa diganti sate kambing. Be celeng menyatnhyat dapat diganti dengan kambing mekuah. Urutan dan gegorengan pun dapat diganti dengan ayam panggang kalas atau yang lain.

Sajiannya didahului dengan dua jenis appetizers - lawar ayam dan aneka sate - serta sup cramcam ayam. Supnya sungguh unik - sup ayam berkaldu bening dengan irisan bawang merah yang mencuatkan rasa asam-pedas lembut.

Nasi putihnya disajikan dengan lima masakan: ayam panggang sambal matah, be celeng menyatnyat (semacam semur berbumbu kunyit), urutan dan gegorengan (sosis dan irisan daging babi dengan bumbu kencur dan bawang putih), ikan mepepes dan udang mepanggang, dan lawar klungah (urap dari bagian sabut kelapa yang masih sangat muda). Yang disebut terakhir ini sebetulnya merupakan masakan tradisional di sekitar Negara. Sangat unik!

Jangan terlalu kalap menghabiskan nasi, sekalipun semua lauknya sangat gurih. Soalnya, masih menanti sajian pencuci mulut yang juga sangat unik: gegodoh biu (pisang goreng), kolak bluluk, bubuh injin, dan berbagai jajanan khas Bali.

Kunyit Bali memang fokus menyajikan hanya masakan Bali, sehingga membuatnya benar-benar beda di kawasan pariwisata dunia ini. Bila Anda berada di kawasan Kuta, jangan lewatkan megibung di Kunyit Bali. A truly unforgettable dining exprience. (Bondan Winarno)

Kunyit Bali
@Santika Beach Premiere
Jl. Kartika Plaza
Kuta, Bali
0361 759991

(eka/Odi)


Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : iklan@detikfood.com ,
telepon 021-7941177 (ext.547 dan 609)

View the original article here

No comments:

Post a Comment