Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Thursday, February 16, 2012

Phyllo, Renyah Setipis Kertas

Flora Febrianindya - detikFood

Phyllo, Renyah Setipis Kertas
Foto:worldmeals.blogspot.com / suppersatisfaction.blogspot.com Jakarta - Pernah mencicipi si manis lezat baklava? Tentu Anda tergoda dengan tumpukan kulitnya yang setipis kertas. Lapisan unik tipis yang nyaris melayang tembus pandang ini yang sering digunakan dengan bermacam isian lezat. Krenyes renyah!

Phyllo dough, atau adonan phyllo demikian sebutannya. Dibuat dari campuran terigu, air, sedikit minyak dan raki atau alkohol khas Turki, namun sering juga diganti dengan kuning telur. Membuat phyllo membutuhkan waktu dan ketrampilan khusus agar adonannya jadi dengan sempurna. Adonannya terus menerus digiling di atas tatakan lebar berulang-ulang hingga benar-benar tipis.

Tak perlu repot, kini sudah banyak dijual adonan phyllo frozen yang siap pakai. Adonan ini tipisnya merata karena dibuat dengan mesin. Untuk menggunakannya, biarkan dalam suhu ruangan. Kemudian pisahkan lembaran demi lembaran. Olesi dengan mentega cair selapis demi selapis.

Adonan phyllo bisa ditambahkan dengan ragam isi. Mulai dari keju, ayam, sayuran, daging, kentang, dan juga kacang dan sirup yang disebut baklava. Tumpukan phylo juga lezat jika hanya dipanggang dengan taburan gula pasir di atasnya. Begitu dikeluarkan dari oven, harus semerbaknya langsung tercium!

Phyllo bisa digunakan untuk membuat aneka makanan lezat, mulai dari tartlets, strudel, mini quiche, phyllo tart , juga spinach phyllo pie. Kataifi, pastry asal Timur Tengah juga menggunakan adonan phyllo yang digulung dan diiris halus.

Phyllo aslinya dibuat di Turki pada awal abad ke 11. Phyllo banyak digunakan dalam masakan Timur Tengah dan juga Balkan (bagian tenggara Eropa) dengan menambahkan aneka isian. Karenanya, olahan phyllo punya banyak nama alias yang berbeda-beda di tiap wilayah.

Di Turki, olahan phyllo disebut borek, sementara di Mesir, namanya menjadi gollash. Di masakan Albania, makanan dari phyllo disebut byrek, dan di Bosnia namanya menjadi pita. Adonan phyllo dalam bentuk beku banyak di dijual di pasar swalayan besar di Jakarta atau toko bahan kue.

(Odi/Odi)

Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : sales[at]detik.com

Roti sehat harga hemat

No comments:

Post a Comment