Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Monday, February 6, 2012

Eungkot Masam yang Bikin Ketagihan

Bondan Winarno - detikFood

Eungkot Masam yang Bikin Ketagihan
Foto: Bondan Winarno Jakarta - Rumah makan di pinggiran Banda Aceh ini membanggakan tradisi kuliner Aceh Rayeuk (Aceh Raya) yang memang merupakan gagrak kuliner tersendiri. Salah satu ikon kuliner kebanggaan mereka adalah eungkot keu-eung (ikan masak asam). Ikannya kebanyakan adalah ikan laut seperti kakap, rambeu (bawal), sisek (cakalang), kapok, manyung, dan lain-lain. Tetapi, bisa juga dari ikan air tawar seperti gabus, ikan mas, dan lain-lain.

Masam berarti asam, sedangkan keu-eung berarti pedas. Artinya, masakan masam keu-eung adalah masakan yang menghasilkan citarasa asam pedas – dua ciri utama dalam masakan Melayu. Di Aceh, rasa asam diperoleh dari berbagai sumber: asam sunti (dari blimbing wuluh yang dikeringkan), asam potong (asam glugur), asam jawa, jeruk nipis, dan jeruk purut. Perpaduan berbagai sumber rasa asam ini membuat masakannya lebih aromatik dan memukau. Top markotop!

Eungkot (ikan) yang dimasak masam-keu-eung ini penampilannya mirip pindang Palembang. Warnanya sedikit kekuningan karena penggunaan kunyit dalam bumbunya, dan warna cabe menyumbangkan semburat kemerahan.

Penyajian di RM Masam Keu-eung ini sebenarnya mirip tradisi di rumah makan Padang. Semua masakan sudah siap saji, tinggal dipilih mana yang diingini. Harganya bergantung pada jenis ikan dan ukurannya. Eungkot masam-keueung dari rambeu dihargai Rp10-20 ribu, dari udang (6 ekor ukuran sedang) seharga Rp 15 ribu. Sedangkan potongan bandeng atau sisek cukup Rp 5 ribu per potong. Ada juga udang besar goreng seharga Rp 15 ribu per ekor.

Sajian yang tidak boleh dilewatkan di sini adalah asam udeung – yaitu udang rebus yang dirajang kecil dan dibumbui asam pedas. Di salah satu rumah makan Aceh di Jakarta, asam udeung ini populer dengan sebutan sambal ganja. Sama sekali bukan karena mengandung ganja, melainkan karena sambal ini membuat ketagihan.

Asam udeung ini, selain sebagai kondimen untuk menyantap nasi hangat, juga cocok untuk dipakai sebagai cocolan sie reuboh (daging rebus). Pilihannya adalah daging kambing atau daging sapi, direbus dengan cuka, dikeringkan, lalu digoreng garing. Mirip dendeng, tetapi dalamnya masih lembab, dengan citarasa asam cuka yang sangat menggoda. Dicocol dengan asam udeung membuat citarasa asam dari sie reuboh ini semakin mencuat.

Bila Anda kurang suka ikan, pilihannya adalah manoek gampong goreng alias ayam kampung goreng. Harum dan gurih. Pendampingnya adalah kulat tumeh (tumis jamur) khas Aceh Rayeuk.

Jangan lewatkan satu masakan tradisional yang sudah mulai jarang dijumpai, namanya: deudah boh itek. Boh sebenarnya berarti buah. Tetapi, boh itek adalah telur bebek. Telur bebek dikocok, dicampur parutan kelapa dan bumbu-bumbu – jeruk purut, cabe rawit, cabe merah, kunyit – kemudian dibakar dalam daun pisang. Sangat unik dan lezat.

RM Masam Keu-eung
Jl. Soekarno-Hatta
Lampeuneurut
Aceh Besar
0813 60259096, 0812 69003069

(dev/Odi)

Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : sales[at]detik.com

Roti sehat harga hemat

No comments:

Post a Comment