Ivory Bakery's Address

Kami menyediakan roti murah berkualitas. Kami juga menerima pesanan untuk roti murah. Kami adalah supplier roti dari salah satu airline terbesar di Indonesia. Hubungi kami: Lisa Widjaja di 02168416986 atau 0214528707. Alamat kami di: Boulevard Raya QJ 1 no. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.





Wednesday, July 13, 2011

Seafood Pecenongan Masih Berjaya

Bondan Winarno - detikFood

Seafood Pecenongan Masih Berjaya
Foto: Bondan Winarno Jakarta - Di tahun 1960-an hingga 1970-an, ruas Jalan Pecenongan di Jakarta Pusat boleh dibilang merupakan “pusat kuliner” utama di Jakarta. Hampir semua sajian paling top – khususnya untuk jenis masakan seafood – beralamat di Pecenongan. Memasuki tahun 1980-an, reputasi Pecenongan mulai meredup seiring dengan berkembangnya berbagai sentra kuliner lain di Ibukota.

Pondok Sedap Malam, misalnya, mulai mengibarkan kejayaannya dengan membuka restoran seafood di Kelapa Gading yang mulai dibangun pada saat itu. Keberhasilannya di Kelapa Gading baru membuat Pondok Sedap Malam kemudian berpikir untuk juga "berposisi" di kawasan Pecenongan.

Sekalipun di Jalan Batutulis sudah ada restoran seafood yang sudah lebih dulu established – seperti Pondok Laguna dan Jun Njan – Pondok Sedap Malam ternyata berhasil juga mengisi sebuah ceruk (niche) yang unik. Maklum, warga Jakarta memang punya selera yang cukup tinggi dalam soal hidangan sari laut. Masing-masing sajian seafood punya kekhasan yang disukai sekelompok penggemar fanatiknya sendiri. Tidak heran bila seafood di Jakarta seolah-olah "kagak ada matinye."

Karena saya sudah mulai menghindari masakan yang digoreng maupun dibakar, dengan sendirinya saya selalu mencari rumah makan seafood yang terkenal bagus dengan hidangan kukusnya. Pilihan saya bila makan di sini adalah bawal mutiara (shima aji, atau sering juga disebut bawal bintang) steam Hong Kong.

Seperti diketahui, bawal mutiara adalah salah satu jenis bawal yang berdaging halus dan lembut dari Jepang dan sejak beberapa tahun ini populer dibudidayakan di perairan Pulau Seribu di Teluk Jakarta. Karena "bersaing" dengan kebutuhan ekspor ke Jepang, dengan sendirinya bawal mutiara hingga kini masih tinggi harganya. Di Pondok Sedap malam, bawal mutiara hidup dihargai Rp 28 ribu per 100 gram (ikan segar yang sudah mati Rp 24 ribu per 100 gram).

Steam Hong Kong adalah cara mengukus ikan berbumbu minimalis. Setelah dikukus, ikan ditaburi rajangan halus jahe dan daun bawang, kemudian disiram saus encer dari kecap asin dan minyak wijen. Karena masih sangat segar, tidak ada aroma amis pada daging ikannya, dengan tekstur daging yang sangat lembut, manis dan bumbu yang mild sangat padan dgn karakteristik kelembutan ikan kukus. Mak nyuss!

Pondok Sedap Malam membanggakan stock ikan yang sangat beragam. Ada baronang, bawal putih, aji-aji, kerapu, kuwe, gurame, dan kakap. Selain dikukus, semua ikan juga bisa disajikan dengan cara bakar kecap, bakar pedas, tauco pedas, cili Singapura, atau goreng bawang putih. Khusus untuk kepala kakap, juga bisa dimasak gulai.

Melirik ke meja-meja tamu lainnya, saya melihat cumi bakar, kepiting lada hitam, dan udang balado pete sebagai menu populer yang banyak dipesan. Dari kebanyakan menu udang, rata-rata tiap enam ekor udang dirangkai dalam satu tusuk kemudian digoreng atau dibakar. Cara penyajian yang unik.

Yang juga saya sukai di Pondok Sedap Malam ini adalah ketersediaan berbagai jenis kerang (kerang bambu saus padang, kerang hijau tauco pedas, kerang kepah saus tiram, kerang macan rebus). Sayurnya pun tidak hanya tumis kangkung, melainkan juga tersedia genjer tauco, pare belacan, dan buncis bawang putih.

Pondok Sedap Malam
Jl. Batutulis Raya 9
Jakarta Pusat
021 3860280

(dev/Odi)

Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.
Tutup

You are redirected to Facebook

You are redirected to Facebook

loading Sending your message

You are redirected to Lintas Berita

loading Sending your message

Post this to your WordPress blog:


loading Sending your message

Post this to your Blogger blog:


loading Sending your message

loading Sending your message

Share to your Yahoo Mail contacts


loading Sending your message

loading Sending your message

Import Your Yahoo Messenger contacts


Share to your Yahoo Messenger contacts


loading Sending your message

Import Your Google Talk contacts


Share to your Google Talk contacts


loading Sending your message

Import Your Live Messenger contacts


Share to your Live Messenger contacts


loading Sending your message


Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : iklan@detikfood.com ,
telepon 021-7941177 (ext.547 dan 609)

View the original article here

No comments:

Post a Comment